Oli AHM SPX1: Oli Honda di Motor Suzuki

Kembali ke review soal icip2 oli di motor New Shogun 125 FL125RR yang umurnya dah menginjak bulan ke-19 sejak dia nyampe di rumah. Kemarin udah nyobain pake oli Elf Moto4 Hp Eco yang performanya dirasa sama aja dengan Enduro Racing. Ketahanannya pun sama aja. Ketika umurnya udah lewat 1.500 km, mesin udah terasa ga enak. 

Kemudian googling, baca2 artikel di beberapa blog mengenai review oli ini. Blog mas Azizyhoree 1 2 3 dan nbsusanto 4 5 yang akhirnya membuat saya mantap buat nyobain oli encer kepunyaan Honda yang satu ini.

Apalagi SPX1 yang sekarang ketambahan logo Repsol di botolnya. Entah ramuannya pake ramuan Repsol atau gimana, tapi paling tidak ada sugesti kalo ini oli bagus 😀

Nyari oli ini di Solo gampang aja. Untung, soalnya dari beberapa artikel yg saya baca beberapa waktu sebelumnya, distribusi oli ini masih belum merata. Malahan dealer Honda yg saya datangi di daerah Purwosari (Ahass Pratama Kurnia Kasih) sudah tidak stok lagi SPX1 botol putih. Katanya udah gak keluar lagi. Jadi, adanya memang cuma yang botol oranye.

Karena ganti merek oli, otomatis mesti ganti filter oli, berarti mesti pake oli 900cc. Jadilah saya beli oli 1L seharga 45.500 rupiah. Sebelum pulang, iseng mampir ke dealer Yamaha jajan Yamalube Carbon Cleaner. 😀

Oli ini mesti nunggu beberapa hari dulu sebelum masuk ke blok mesin. Maklum, saya lagi ngetes ketahanan oli Elf yg sedang dipake. Ternyata, lewat 1.500 km dah ga begitu enak. Akhirnya, di km 1.925,8 saya ganti oli plus filternya sekalian.

Kesan pertama, lebih alus. Dan selanjutnya, saya merasa mesin jadi lebih enteng dan gak berisik. Kebetulan waktu itu bulan puasa, sebentar lagi lebaran. Jadi, bisa ngerasain performa oli ini waktu perjalanan jauh. Kebetulan mudik kali ini ke kampung saya dan istri. Jadi rutenya, Solo – Purwokerto – Solo lagi – Pare – balik Solo.

Tibalah waktu mudik. Di perjalanan tidak ada kendala berarti. Walaupun ni oli encer, tapi saya merasa panas mesinnya sama saja dengan oli yg 10w-40. Mesin juga adem suaranya, gak lebih berisik. Intinya, gak beda kalo dibandingkan dengan oli 10w-40. Gak tau juga klo saya yg kurang peka 😳 Sesampainya di Purwokerto, volume oli tidak ada perubahan. Dipake harian masih enak2 aja.

Setelah di Purwokerto beberapa hari, saya balik ke Solo, istirahat semalam. Besoknya berangkat lagi ke Pare via Tawangmangu. Performa oli belum berubah, walaupun warnanya sudah agak gelap.

Singkat cerita, saya kembali ke Solo, alhamdulillah, dengan selamat. Total perjalanan mudik 900km-an. Oli masih baik2 saja. Besoknya rutinitas harian pun dimulai kembali.

Saatnya ngecek oli lagi. Waktu diliat lewat kaca intip, kok volume oli agak berkurang ya. Tapi ga parah, masih agak jauh di atas garis L. Performa masih enak. Menjelang km 1.900an, mesin jadi makin enak, makin ngacir. Pindah gigi juga fine2 aja. Nah, lo. Kok bisa gitu? Jangan2 ini fenomena kayak lilin yang udah mo mati, nyalanya makin terang. Mesin makin enak, tau2 jebol ‘n mesti turun mesin. Jangan sampe deh… 😦

Tapi emang sih, di iklannya, interval penggantian oli ini untuk CBR 150cc sampe 8.000 km, untuk CBR 250cc bisa sampe 12.000 cc. Tapi apa ya beneran kayak gitu? Lagian, motor saya kan Suzuki, bebek pula. Siapa tahu di CBR ada teknologi yg memang bisa bikin oli lebih awet. #positif thinking

Ah, sudahlah. Daripada daripada. Ganti oli aja lagi lah. Toh ga nyampe 50rb ini. Oli botol kedua dibeli di dealer yg sama dengan volume yg sama dan harga yang sama. Tapi kali ini dituang tanpa ganti filter oli. Toh masa pakai filter oli bisa sampe 7.500 km (katanya). Tapi amannya sih, 2x ganti oli, 1x ganti filter oli. Catatan: oli diganti saat berumur 1.929,7 km.

Oya, oli botol kedua ini awal dipake ga langsung terasa enak. Baru setelah kurleb 100 km, mulai terasa enak seperti waktu botol pertama. Kayaknya sementara belum akan berpindah ke lain hati. Kecuali, ada gejala gak enak atau ada racun2 lain yang lebih menggoda 😈

Warning:

Hasil ini murni pengalaman pribadi saya dengan oli ini. Beda orang, beda prinsip, beda style, beda motor, beda setingan, dan beda lokasi bisa menghasilkan rasa yang berbeda pula. 😎

Kesimpulan:

  1. Performa oli ini sudah cukup bagus. IMHO, malah sedikit di atas Enduro Racing ‘n Elf Moto4 HP Eco.
  2. Daya tahannya bisa lebih lama dibanding kedua oli sebelumnya. Mengingat performanya yg justru makin enak menjelang 2.000 km. Kalo berani, silakan diteruskan.
  3. Oli kedua baru terasa enak setelah 100 km-an. Mungkin dulu yg pertama jg gitu, tapi ga ngrasain aja 😳

11 thoughts on “Oli AHM SPX1: Oli Honda di Motor Suzuki

  1. nah..akhirnya muncul artikel yang bahas sampe hampir 2000 km..di motor yang ane pake tes malah belum ada 1500 km mas.. :mrgreen:
    amannya sih 2000 km..ya anggep aja bisa lebih dari 2000 km buat pengaman kalo kelupaan di 2000 km atau perjalanan tanggung.. 😀
    ditunggu review YCC nya mas..ane juga masih nyimpen YCC, rencananya mau nyoba kalo mau buat jalan jauh.. 🙂

    1. iya, klo dipake harian bisa 2 bulan lebih nyampe 2000 km
      tapi berhubung dipake mudik jadi cepet nyampenya 😀
      iya, anggep aja bonus kalo kepepet belum punya duit atw ga sempet beli/ganti oli 😀
      soal YCC itu, ga terlalu berasa juga bedanya sih..lagi2 mgk saya yg kurang sensitif 😕

  2. Kaca intip ane dah gelep, gak keliatan, hehe.
    BTW makasih udah mampir ke blog ane ya bro. salken

  3. ane penasaran dengan “awal dipake ga enak, makin lama makin enak”. apa jangan2 karena kandungan pembersih/cleasing agent di oli nya ya… atau jangan2 karena sudah lama jadi makin kentel jadi terasa makin nyaman? 😀

    1. wah kurang tau juga gan kenapa2nya
      tapi banyak yang cocok kok pake ni oli
      sy sendiri malah dah ganti oli lagi, oli diesel 😈
      tp blm sempet bikin artikelnya

Leave a reply to Maskur Cancel reply