Baca2 soal busi NGK Platinum yang katanya bisa bikin performa motor meningkat dibanding busi standar bikin pengen nyobain juga. Kebetulan suatu waktu mampir ke toko spare part motor di daerah Gemblegan, Solo. Toko kecil tapi lengkap. Awalnya cuma mau cari lampu halogen Osram, tapi merembet ke busi juga.
Sebetulnya pengen nyobain yang NGK G-Power, tapi karena ga ada stok, ya udah akhirnya ambil NGK Platinum C7HVX seharga 25ribu.
Pertama dicoba, ga gitu berasa ngaruhnya. Saya pikir, mungkin karena motor saya masih standar, jadi gak ada pengaruh signifikan. Akhirnya busi saya ganti ke standar lagi. Busi platinum saya simpan buat serep.
Nah, waktu main2 ke MOSS buat beli cover jok Cool Tech, iseng tanya2 cop busi racing yang katanya bebas hambatan alias tahanannya 0 ohm. Katanya, dengan begitu aliran listrik dari koil bisa lebih lega mengalir ke busi. Efeknya api busi lebih besar dan bahan bakar terbakar lebih sempurna. Ternyata yang ready stock cuma Kitaco. Ya sudahlah, akhirnya cop busi warna oranye ngejreng itu saya tebus dengan uang 27.500 rupiah.
Karena udah keburu dipasang sebelum sempet ambil gambar, ni saya kasih penampakannya dari kaskus.
Oya, di dalam kemasannya, disertakan cable tie warna putih untuk mengencangkan sambungan cop busi dengan kabel koil. Mungkin dikhawatirkan bisa kemasukan air yang bisa bikin macet. Karet cop cukup kenyal. Waktu dicoba ditancapkan ke busi, walaupun tidak menutup seluruh badan busi, tapi sudah terasa cukup rapat. Semoga sudah cukup menghalangi air masuk.
Sudah saya tes dengan semprotan air sewaktu nyuci motor di bagian cop busi. Motor bisa menyala dengan baik. Tidak ada tanda2 air merembes melalui sela2 cop dan kabel busi.
Percobaan pertama, cop busi Kitaco + busi standar CR6HSA. Entah kenapa, tenaga motor serasa ketahan, alias ngeden. Akselerasi juga begitu. Tidak seenak cop busi standar + busi standar. Mungkin busi sudah minta ganti, atau memang kombinasi ini kurang sip.
Percobaan kedua, cop busi Kitaco + busi NGK Platinum. Baru dengan kombinasi ini terasa sekali beda performa motor. Akselerasi terasa lebih ringan. Biasanya motor dipake boncengan terasa berat, sekarang lebih ringan. Top speed tidak berubah. Karena logikanya api busi lebih besar, karburator pun disetting ulang, ditutup 0,5 putaran agar mesin tidak overheating.
Top speed tidak berubah karena memang dari referensi yang saya baca, penggantian koil, kabel koil, cop busi, dan busi hanya berpengaruh ke RPM bawah sampai menengah. Untuk menaikkan top speed, paling tidak harus ganti CDI plus knalpot racing. CMIIW
Setelah menempuh beberapa puluh kilometer, saya baru sempatkan untuk mengecek warna elektrode busi. Ternyata warnanya merah terang kecokelatan. Artinya pembakaran sudah cukup bagus. Tidak perlu khawatir overheating kalo begini. Warna busi begini baru kali ini saya lihat. Biasanya dah diseting berkali2, cuma bisa warna cokelat. Proyek ganti cop busi racing dan busi platinum sukses! 😀
jos hehee…….. 😀
maknyus
Apa na ya yang di seting bagian karbu
kok 1 puteran menutup apa mksd nya.?
oya, ane keliru
itu setingan angin di karbu, tadinya kan 1,5 puteran membuka, trus ane tutup 0,5 puteran
jadi cuma 1 puteran membuka
Oohh
bgno mksd na
makasih
wasalamualaikum
Gmna gas pol na enteng nggak.?
Itu kan baru busi ama tutup busi na doank yg di rubah.?
Soal na saya ini punya honda blade juga
hobi ngebut
Gmna gas pol na enteng nggak.?
Itu kan baru busi ama tutup busi na doank yg di rubah.?
Soal na saya ini punya honda blade juga
hobi ngebut
gas pol? ky dah ditulis di atas, top speed gak berubah
cuman di tarikan awal aja lebih enteng 😀
iya, itu cuma cop busi 0 ohm sama busi platinum,
soale cop busi asli hambatannya gede, 10K ohm..
klo sy sih yg penting pas lg dibutuhkan motor bs kenceng
Itu yg di cari
ok ok:D
Gmna ya klo busi ngk g-power ama tutup busi fdr apa aja yg di rubah.?
cop busi kitaco n tdr kan sama2 hambatannya 0, jd menrt saya sm aja, setingan udara ditutup sdikit biar pmbakaran gak kering. Cmiiw
Coba u tulis dulu kode busi NGK u yg u beli
ngk platinum yg kodenya c7hvx
Klo kawahara sama aja kan.?
Punya u baru di ganti cop busi ma busi nya doank kan
kalo kawahara kurang tahu saya
hmm.. waktu itu iya
tapi sekarang PJ dah dinaikin dari 12,5 jadi 15
Apa na tu yg di naikin.?
Apa na tu yg di naikin.?
pilot jet mas, ganti yg lebih besar 1 step
Emang nya pilot jet standar blade brpa ya.?
Gmna mnyak nya.???
kurang tahu mas klo PJ blade, coba googling aja 😀
Brpa pula hrga na ya coy.?
cara ganti cop nya gimana ni gan,,,saya mau nyoba ganti sendiri tp masih agak bingung
gampang mas, lepas dulu cop busi dari busi
trus puter cop busi berlawanan jarum jam sampe lepas dari kabel
masukin kabel busi ke cop busi baru sampe mentok, trus puter cop searah jarum jam sampe berasa kenceng
selesai dah..
shogun mentok 100 soale ketahan sama cdinya….kalo udah pake varro baru ngacir,gak usah pake knalpot racing juga gpp pipa knalpot shogun udah gede
sip 😀
Coy cop busi dah di ganti ama busi g-power+knalpot racing
kok knalpot na nembak2 ya coy apa nya yg kurang.?
Tolong jwban yg baik ya
knalpot nembak berarti setingan terlalu miskin bensin
setingan karbu diputer lebih nutup atau pilot jet naik
cmiiw
Pilot jet na di ganti aja ya.?
kalo karbu dah diseting masih nembak, coba pilot jet diganti
Berhubung busi udah platinum, ntar coba ganti cop busi ini ah. Kali aja cocok buat tiger 😀
Soalnya warna busi sekarang masih coklat kehitaman, setelah naikin PJ 1 step / MJ 2 step.
waaaahhhhh pakek gituan jugaaaa, podo karo atlitq mas dan supra 125 (dulu) :p
saiki wis takganti standare, yg kitaco takbongkar malah gak bisa mbalikin 😆
itu koil nya masih standar apa sudah ganti yang racing bos ..
standar aja kok 😀
mas saya punya koil nology pfc-03D tapi cop businya tidak ada apakah bisa dg cop busi kitaco
aduh, saya kurang tahu kalo udah urusan koil
mungkin masih bisa, dicoba aja dulu, hbs tu rasain ‘n liat kondisi kepala busi, kalo oke, berarti cocok
beli cop businya d solo nama tokonya ap mz?
di MOSS Slamet Riyadi, deket Grand Mall
Patut dicoba kebetulan cop busi ane rusak
nice inpoh gan (y)