Bohlam Gosong

Sebagai bebek biasa, New Shogun 125 masih menganut sistem kelistrikan AC. Dalam artian, lampu hanya dapat menyala saat mesin sudah dinyalakan.

Berhubung lampu standarnya masih kurang terang untuk jalan malam, apalagi kalo pas mudik/balik, lampu pun diganti dengan lampu Osram halogen standar biasa, bungkus kardus biru. Lumayan ada peningkatan. 😀

Nah, waktu browsing di internet, nemu trik begini: untuk kelistrikan AC, kalo mau bikin lampu lebih terang, pakai bohlam dengan watt di bawah standar. Sebaliknya, untuk yang kelistrikannya DC, pakai bohlam dengan watt di atas standar. 1 2

Berhubung bohlam standarnya 25 w, akhirnya waktu bohlam halogennya ada yg koit, saya coba ganti dua-duanya sekaligus dengan yang 18w, Osram halogen standar juga. Dan hasilnya…. Entah saya yang kurang peka atau pengaruh pencahayaan sekitar, hasilnya terlihat sama saja. 😀

Hasilnya, setelah beberapa bulan pemakaian, bohlam terlihat gosong di bagian atas, tepat di dekat filamen lampu dekat. Mungkin karena arus yang diterima bohlam berlebih, panas pun jadi berlebih, kaca pun gosong. Apalagi kalo di jalan besar, headlamp always on siang malam.

Bohlam gosong-1
Bohlam gosong-1

 

Bohlam gosong-2
Bohlam gosong-2

Adanya gosong itu justru mengurangi intensitas pancaran cahaya saat lampu dekat. 😦 So, next plan, ganti lagi dengan bohlam 25w, entah itu Osram lagi atau nyobain Philips (itu juga kalo nemu).

Oya, nemu trik satu lagi di blog sebelah: di era AHO ini, sewaktu motor anda dipakai pada siang hari, nyalakan saja lampu jauh. Ingat, HANYA saat siang hari. Dengan begitu, umur filamen lampu dekat lebih panjang karena tidak terus-menerus dipakai.3

28 thoughts on “Bohlam Gosong

  1. Saya juga mengalami hal yang sama pada suzuki shogun axelo. Sebelumnya supaya lebih terang saya gunakan halogen osram cool blue 35/35. Tetapi ada info kalo diganti yang 35/35malah tambah redup. Akhirnya saya putuskan ganti lagi pakai halogen osram 25/25 tetapi yang sebelah kiri malah lebih terang dari sebelah kanan. Malah kejadian seperti yg dialami mas admin bagian atas gosong pada bagian atas tepat di filamentnya. karena takut pecah saya ganti dengan lampu halogen yang sama tetapi belum ada perubahan meskipun sudah di bawa ke beress dan bengkel lain tetap belum ada perubahan. Yang ingi saya tanyakan apa penyebabnya dan bagaimana solusi agar kedua lampu motor saya kembali sama terangnya seperti sediakala?

    1. skrg ini aku msh pake halogen philips gak gosong lg, emang warna agak berubah tp gak gosong bgt kaya waktu pake osram.. coba cari bengkel lain yg ahli kelistrikan, atau coba ganti merek lampu
      lampuku yg kanan jg pernah redup/terang lg klo lwt jalan gak rata, tyt timah di soket lampu itu longgar, berhubung gak punya solder tabiarin aja, tp pas masang batok lampu tabikin supaya tuh kabel gak bakal goyang klo kena goncangan, skrg sih blm trobel lg..

Ada komen/kritik/saran?