Monthly Archives: May 2016

Ganti Pelat Nomor Motor dengan KTP Beda Alamat

Cuma mau share pengalaman adik ipar saya yg kemaren baru nyadar kalo SIM-nya mati, KTP mati, dan motor waktunya pajak 😈 Yang makin bikin ruwet adalah motor terdaftar di SAMSAT Sukoharjo karena dulu pake KTP Sukoharjo tembakan. Akhirnya kemarin coba ngurus pajak motornya dulu. Sudah sampai ke mobil SAMSAT Keliling baru diberi tahu kalau harus ganti pelat nomor. Meluncurlah adik saya ke SAMSAT Sukoharjo. Dia ikuti prosedur normal tanpa calo. KTP yang dia tunjukkan adalah e-KTP dari daerah aslinya, yaitu Pare, Kediri. Ternyata tidak ada masalah. Tidak perlu mutasi/ganti alamat di BPKB dan STNK (?) Pulang ke rumah sudah bawa pelat nomor baru.

Saya baru tahu kalo ternyata ganti pelat nomor bisa dilakukan dengan KTP beda alamat tanpa harus ganti alamat di STNK/BPKB. Kalau perpanjang STNK tahunan tanpa BPKB saya sudah tahu karena liat sendiri banner-nya di SAMSAT Sukoharjo. Jadi muncul pertanyaan lain:

  • Mungkinkah karena sudah era e-KTP ❓
  • Apa mungkin nanti perpanjang STNK tahunan juga bisa dengan KTP beda alamat ❓
  • Bagaimana dengan SIM-nya yang mati ❓ Apa bisa diperpanjang dengan KTP beda alamat ❓

Mari kita tunggu jawabannya bersama-sama 😀 Atau ada komentator yang berbaik hati memberikan jawaban 😉

*Featured image via merdeka.com

Advertisements

Pengalaman Mengaktifkan Kartu IM3 Hangus

Share aja pengalaman yang baru saya alami. Kartu IM3 yang udah saya pakai 10 tahunan ternyata kelewat lama gak diisi pulsa, jadi hangus. Ketahuannya waktu ngeliat sinyal di hape kok kosong. Cek pulsa tidak bisa. Coba dihubungi dari nomor lain, katanya nomor tidak dikenal. 😈

Coba googling, masih ada kemungkinan bisa diaktivasi kembali kalau belum lewat 3 hari. Saya coba hubungi CS Indosat lewat Twitter. Ternyata kebijakan mengaktifkan kembali itu kembali ke kebijakan masing-masing gerai. Jadi, tidak ada aturan baku dari pusat. 😕

Selepas makan siang, meluncurlah saya ke Gerai Indosat Solo. Di sana nomor saya dicek oleh mas2. Memang sudah lewat masa tenggang, tapi masih dalam masa pemutihan, yaitu 3 hari. Masih bisa diaktifkan dengan isi ulang 25 ribu langsung ke kasir. Saya lupa nanya apa memang harus dengan nominal 25 ribu atau bisa dengan nominal lain. :mrgreen

Setelah diisi, kartu saya masukkan lagi ke hape, hape dinyalakan, sinyal langsung full. Cek pulsa, 25 ribu sudah masuk. Mbak kasir gak lupa berpesan: jangan lupa isi ulang lagi ya.. :mrgreen: Memang saya akui, sejak pakai smartphone, lebih sering memperhatikan masa aktif paket internet (saya pakai Axis) daripada masa aktif IM3. 😈

Hikmah yang bisa diambil: jangan lupa periksa kembali masa aktif/tenggang kartu anda. Terutama untuk kartu yang sudah setia menemani anda bertahun2. Mau ganti pasti eman2 karena sudah banyak yang kenal dengan nomor lama. Kalau ganti kartu berarti harus memberi tahu keluarga, teman2, kenalan, dan rekanan.