Prince of Persia, PC DOS Game Era 90-an

Tampilan Prince of Persia versi DOS pertama.

Sudah pernah nonton film Prince of Persia: The Sands of Time? Film itu diadaptasi dari game terkenal dengan judul sama. Atau mungkin sudah pernah main game-nya? Sekarang sudah muncul seri terbaru game-nya, yaitu The Forgotten Sands. Seri-seri games sebelumnya adalah Prince of Persia 3D,  The Sands of Time, Warrior Within, dan The Two Throne, CMIIW.

Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau game yang diciptakan pertama kali oleh Jordan Mechner dan muncul pertama kali tahun 1989. Tentunya masih dalam versi 2D mengingat teknologi pada masa itu. Saat itu game ini diproduksi oleh Brøderbund Software.  Game POP pertama ini sukses besar. Saya sendiri pernah memainkannya sampai tamat waktu masih SD.

Game POP berikutnya adalah Prince of Persia 2 yang dirilis tahun 1993 masih oleh perusahaan yang sama, Brøderbund Software. Game POP 2 ini mengambil judul Prince of Persia 2: The Shadow and the Flame.

Baru pada tahun 1999, Prince of Persia dibuat versi 3D dengan judul Prince of Persia 3D: Arabian Nights. Kali ini dikembangkan oleh Red Orb Entertainment dan dirilis oleh The Learning Company untuk PC. FYI, The Learning Company adalah perusahaan yang pada 1998 melakukan merger dengan Brøderbund.

Mulai tahun 2003, yaitu Prince of Persia: The Sands of Time, hingga sekarang, pembuatan dan pengembangan game ini diambil alih oleh Ubisoft. Hingga khirnya, pada tahun 2010, game ini diangkat ke layar lebar.

Itulah review singkat mengenai perkembangan game Prince of Persia. Setelah menonton ulang filmnya, kok tiba-tiba saya pengin main game ini yang versi jadul. Akhirnya googling dan akhirnya mendapatkan beberapa link untuk game POP dan POP2: The Shadow and The Flame. Untuk yang berminat, silakan klik link di bawah ini.

Jangan lupa, karena kedua game ini adalah game jadul alias masih menggunakan DOS, gunakan software DOSBox sebagai emulatornya. Caranya gampang. Klik aja di sini kalau pengen tahu.

6 thoughts on “Prince of Persia, PC DOS Game Era 90-an

  1. Salam Kenal dan Salam Sejahtera untuk kita semua
    Saya saat ini sedang bernostalgia dengan game Princess of Persia ini. tapi saya kesulitan untuk melanjutkan ke level berikutnya karena tidak bisa menebak kendi yg benar. Bisakah anda membantu saya ??? Saya Rangga Maulana dari depok (082110487511) – Telegram

Ada komen/kritik/saran?