Kali ini saya iseng-iseng pengen me-review oli yang sudah saya pakai di New Shogun 125 saya.
Seperti biasanya, motor baru saya dapet jatah servis gratis 5 kali dan oli gratis 3 kali. Karena motor saya keluaran Suzuki tentu saja olinya SGO (Suzuki Genuine Oil).
SGO memiliki spesifikasi kekentalan 20W-50 API SG JASO MA, CMIIW. Harganya di bengkel resmi terakhir saya beli, yaitu Februari 2012, 30.000 rupiah isi 900 cc/ml. Kenapa saya beli yang 900 cc? Karena biasanya saya sekalian ganti filter oli. Kalau ganti oli tanpa ganti filter, cuma butuh 800 cc. Kalau turun mesin, butuhnya 1 L. Untuk memudahkan konsumennya, Suzuki menyediakan SGO dalam tiga volume tersebut.
Saya baru pertama kali ini memakai Oli SGO. Soalnya, walaupun motor saya sebelumnya Suzuki juga, FD110 alias Shogun 110 alias Shogun kebo, pakainya oli Supersyn 20W-50 atau Enduro 20W-50.
Ada beberapa kekurangan yang saya rasakan dari SGO.
Setiap baru ganti oli, pasti ada perasaan kurang enak. Saya selalu ganti oli setiap servis 2000 kilometer. Setiap pulang servis dan ganti oli, pasti mesin terasa kasar. Aneh, kan?! Padahal baru ganti oli.
Setelah jalan beberapa puluh kilometer baru terasa agak enak. Kalo motor dibawa jalan siang2 pas panas menyengat, apalagi di jalan yang agak macet, mesin terasa sangat panas di kaki (maklum, cuma pake sandal, bad habit). Tarikan juga terasa berat.
Menyalakan mesin di pagi hari juga agak sulit. Harus dibantu dengan choke atau throtle gas dibuka sedikit. Setelah beberapa detik, baru choke bisa ditutup.
Tapi oli ini masih oke dibawa jalan jauh. La wong habis servis kedua, saya langsung bawa mudik ke Purwokerto sejauh kurleb 250 km. Tidak ada kendala yang berarti. Baru setelah saya ganti oli merek lain, terasa sekali bedanya. SGO terasa berat. Ya jelas, wong kekentalannya 20W-50.
Yang lebih aneh lagi, oli ini mulai agak enak menjelang waktunya ganti. Mendekati 2.000 km masa pemakaian, justru oli ini makin enteng dipake. Lagi2 ini cuma perasaan saya.
Nah, setelah buka2 internet. Banyak ilmu baru yang didapat. Di antaranya mengenai oli yang cocok untuk jenis motor saya. Akhirnya timbul keberanian untuk berpaling ke lain oli. Oli merek apakah itu? Tunggu saja tulisan saya berikutnya.
Update:
Akhirnya pilihan saya jatuh ke Enduro Racing 4T dari Pertamina. 😀 Baca artikelnya di sini.
motore apa sih Git?
Satria yah?
new shogun 125 alias shogun robot, mam.
bener banget bro, agak berat buat mesin. Shogi FD110-03 aku coba baru sekali ini, mtor ku buat PP kerja kurleb 10 km…ganti oli setiap 2 bulan atau 2000km.
Pernah pake, :
Mesran super SAE 20-50..lumayan.dibawahnya enduro racing.
Enduro racing SAE 10-40 enak untuk awal2 tapi setelah satu bulan mesin terasa panas juga berisik.
Sekarang pake shell adavance AX3 (botol merah) 20-40, pas sama lambung si hitam shogiku..tapi sayang ga ada yang 20-50 kayanya lebih cocok untuk motor tua saya.
http://denis-thea.blogspot.com
selama gak ada keluhan oli gampang berkurang, sebetulnya gak masalah klo mau diterusin pake yg AX3 SAE 20w-40.
atau pake yang AX5 SAE 15w-40 juga bisa. toh yang beda cuma angka yg ada huruf ‘w’. itu kan cuma ngaruh pas udara dingin.
Kalo buat satria fu khususny oli yg bgus apa ya gan?
coba merek2 yang udah diakui banyak orang, gan
misal Shell, Motul, Enduro, dll
oli cocok2an juga soalnya
oli ini sudah tidak saya pakai lagi setelah masa oli gratis habis, bukan apa2 karena oli ini tidak tahan panas, alias mudah overheating di mesin shogun saya yang kompresinya 9,6 :1 sehingga menyebabkan drop banyak pada tenaga motor. dan setelah habis masa berlaku oli gratis sgo ini, kembali saya gunakan oli enduro 4t biasa dan 4t racing. hasilnya jelas gejala drop power tidak dialami lagi.
nice share mas
ya itu hanya pengalaman saya saja dulu sewaktu beli ini motor olinya SGO, terasa bnget dipake riding lebih dari 1 jam kurang nendang tenagannya. makanya digantilah dengan oli yang lebih bagusan speknya dikit dari SGO 😀
wah, apaan tuh mas sekarang olinya? AX7 apa Motul nih? 🙂
sama shogun 125’ku kemaren abz pake enduro 4T racing mantep bgt tarikannya,,eh pas servis malah gga ada enduro jd trpaksa pake SGO..perbedaan jelas bgt gilaaa..buat narik 120km/h aja berat bgt..kenapa ya??oli standar kok malah kurang maksimal??
mungkin karena terlalu kental mas
kerja mesin juga jadi lebih berat…
maaf baru bales mas, maklum sibuk hehehe……. klo sekarang cuma pake oli yang dipake suzuki jelajah negeri alias oli enduro 4t biasa mas. klo oli ax7 blum pernah, klo yg vsx pernah, tapi vsx yang dulu masih API SJ sertifikasinya, skarang kan udah jadi API SL dan lebih bagus. lumayan juga itu oli, tapi syang cuman 1000km terasa enaknya, lebih dari itu udah gk enak lagi beda ama enduro 4t biasa. sampe 2000km masih enak. dan gk pernah ampe bau gosong juga ke mesin apalagi ampe menguap,
motul lum pernah nyoba mas, Insya Alloh suatu saat mau coba oli motul, dan katanya oli motul memang paling cocok buat motor suzuki katanya mekanik.
o gitu ya, pengen jg sih nyobain motul..
tp belum kuat harganya..
hahaha, btul mas. harganya itu loh, cukup menguras kantong xixixi…….
Coba pake’ Supersyn Gold 4T bro…….
Pasti ketagihan….
hmm.. itu oli mobil bukan ya? baru denger soale…
😳
Pke SGO, suara mesin saat stasioner maknyussss. Tapi Enduro lebih jossssss….
wah, saya malah gak pernah mbandingin suara mesin mas.. 😀
kurang peka ni telinga… 😆
Namanya juga OLI Standar mas..ya semuanya serba standar dan untuk tujuan yang standar pula ( tujuan dimana tidak mengutamakan kecepatan dan tenaga lebih..ya standar lah ).
Harusnya mengukur OLI bagus atau tidaknya jangan dari hasil tenaga atau kentengan tarikan yang didapat, tetapi sejauh mana OLI dapat membuat motor lebih tahan lama mesinnya, lebih awet dan lebih minim biaya perawatannya….
Kalo untuk kebutuhan khusus misalnya misalnya mau mudik atau mau balap, baru disesuakan OLI-nya dengan OLI lain.
Jadi saya rasa kurang tepat juga jika OLI SGO dikatakan kurang bagus, karena bagus itu tergantung….Dan Suzuki juga tentu tidak asal membuat OLI.
iya mas, betul
emang kembali ke kebutuhan dan karakter atau riding style masing-masing pengendara
nyatanya masih banyak pelanggan yang servis ke bengkel resmi juga masih pake SGO 😀
betul banget bro….lbih enak pake SGO ,FD ane jg gitu,udh coba2 yg lain,tp kyanya lbih tepat pke SGO,
okelah, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan mesin, karakter riding ‘n budget 😀
klo buat enduro racing iku penak putaran awal dan pas baru stater, pas udah suhu kerja, mulai deh berisik -____-
coba buat gas poll 201m 4 kali seher langsung macet >,<
iya mas, pernah baca pengalaman ada seher lecet gr2 pake enduro racing
mgk tergantung karakter ridernya juga 😀
SGO = Enduro 4t 20w-50(tanpa parfume)
coba liat warnanya, denger karakter suara mesin habis ganti oli kasar tapi setelah beberapa puluhan km agak halus, truss feelingnya sama olinya bikin berat tarikan tapi umurnya panjang & pemakaian akhir oli agak enteng cmiww 😀
pingin oli 20w-50 tpi tarikan enteng & suara mesin halus??? pilih oli mario teguh (Mesran super) 😀 , awas “bukan PrimaXp” ya cz bakal slip tuh kopling karna dah pake aditif pelicin dengan kode ACEA.
Prima XP yang SAE 20w-50 juga ada sertifikasi JASO MA lo, berarti masih bisa buat motor kopling basah
yang ga ada JASO MA-nya itu yang 10w-40
tapi kayanya jarang nemu di pasaran.. cmiiw
NJMX ane pake OLI SGO gan bru ganti ga tau rasany gimana wkwkwk
soalny nyokap ane dapet oli gratis dari temanny 😀
padahal motor yamaha malah pake oli suzuki KWkwkwkkwkwkw
yang penting asik2 aja 😀
mesti temen nyokap agan dapet waktu ada acara servis gratis ‘n oli gratis di Beres Suzuki 😀
iyaaa 😀
tapi mesin ane New Mx Ane berasa jdi halus pake SGO yg 20w-50 😀 hahaha
Kenapa pas mau ganti oli malah enak dipake?
Karena SGO kental, dan ketika lebih dari 2000KM dia akan kehilangan kekentalan sedikit demi sedikit,,,
betul.. makanya skrg sy pake yg 10w-40 sekalian aja, tetep punya Suzuki.. 😀
kalo motor baru pake yang lebih encer, kalo dah tua pake yang kental (karena penguapan)…castrol juga bagus mas…ganti oli di sekitaran 2500…kalo mobil keluaran 2005 ke atas (contoh toyota) malah direkomendasikan setiap 10.000 km atau 6 bulan, di bawah 2005, hanya 5.000 km
setuju.. tp klo mobil ane kagak gitu ngerti
nice share bro, hmpr g perneh dnger ulasan merk SGO
ya kan merek eksklusip mas, alias ra payu 😀
kalo ane pakenya oli stndr aj..yg terbukti ngrit dkantong!hehe…yg pntg asal rutin aj gnti oli mesti mtr psti awet…sgo kyke emg gt..sy jg ngrasaian pz mnjelang gnti kq rsanya mesin mlh lbh halus n trikn lbh enk
yup, tergantung selera..
asal rutin ganti pasti awet
sama gan, itu artinya motor agan celah partny masih bagus.
biasanya ganti oli encer malah jadi halus.
karakternya mirip banget dengan Enduro 4t 20w-50
mesin jadi berat tapi olinya awet, cocok untuk turing
cuma sayangnya oli yg berat kalo dipake macet dalam kota bensinnya rada boros. cz tarikan terasa lemot.
uye, maklum waktu itu motor baru 😀 jd masih rapet
ibaratnya masih Pe*(sensor)an haha….
motor saya juga dulu wktu masih baru kaya gitu 😀
tipenya juga sama kaya yg agan… 🙂
skrg masih pake FL?
salam kenal 😀
sy pake axelo, sy coba pake oli mesin enduro racing, mesin terasa cepet panas. dan mesin pun menggelitik pas rpm tinggi, suara mesin jadi kasar.,
pake Adnoc Voyager Silver mas, enak, atau oli diesel Rimula 😀
cobain Rimula deh 😀
bener gan malah enaak bener pas udah waktunya mau ganti