Coba-Coba Oli Enduro Racing dari Pertamina

Setelah artikel saya sebelumnya mengenai oli Suzuki alias Suzuki Genuine Oil (SGO), kali ini saya mau cerita sedikit tentang salah satu oli produk Pertamina, yaitu Enduro 4T Racing. Spesifikasinya SAE 10W-40 API SJ/JASO MA2.

Melihat kekentalannya yang 10W-40, tentu oli ini lebih encer daripada SGO yang 20W-50. Setelah berkali2 berurusan dengan oli kental, kali ini saya pengen icip2 yang namanya oli encer.

Dari apa yang saya baca, efek oli encer ini adalah mesin jadi lebih berisik alias kasar. Tapi keuntungannya adalah oli lebih mudah masuk ke celah-celah sempit dan kerja mesin menjadi lebih ringan. Tentunya gak afdol kalo cuma denger ‘katanya’. Mending nyobain sendiri.

Hal yang saya rasakan setelah pakai oli ini:

  • Tarikan lebih ringan. Lebih ringan daripada SGO.
  • Panas mesin berkurang. Tidak sepanas sewaktu memakai SGO. (Feel sewaktu pake sandal jepit)
  • Mesin lebih halus. (Subjektif banget nih..)
  • Aroma permen karet.
  • Oper gigi lebih halus.
  • Starter di pagi hari lancar, gak perlu choke.

Sewaktu saya mau pergi mudik ke Purwokerto, sempat cemas juga. Karena ‘katanya’ oli ini mudah menguap dan kalo sampai lupa ngecek, oli bisa habis. Bahkan ada yang ‘katanya’ pernah kehabisan oli sampai mesinnya jebol. Trus gimana dong?

Ah, prinsip saya sih, asal rajin2 ngecek volume oli. Jangan sampai di bawah garis L. Lagian oli juga baru dipake kurleb 500 km.

Di jalan saya tidak menemukan kendala berarti dengan oli ini. Apalagi saya juga bukan orang yg betah di atas jok motor. Minimal tiap 1 jam pasti saya berhenti istirahat. Jadi mesin pun bisa berkurang dikit panasnya.

Setelah perjalanan kurleb 5 jam 45 menit, sampailah di Purwokerto. Saya cek volume oli masih normal. Menurut penglihatan saya tidak ada oli menguap. Selama di Purwokerto, mesin mulai terasa agak kasar, tapi tarikan masih oke.

Tiba saatnya kembali ke Solo. Daripada kenapa2, oli saya ganti lagi dengan merek yang sama. Mau beli di Shop and Drive tapi ternyata tidak ada stok. Akhirnya beli di SPBU dekat terminal. Di SPBU ini harganya 44.500. Wow, jauh lebih murah daripada di Shop and Drive (saya beli tanggal 3 Maret 2012 harganya 48 ribu). Perjalanan pulang alhamdulillah lancar.

Tapi, ada satu hal yang mengganjal. Terkadang, ketika saya pulang kantor sampai rumah kemudian ingin keluar lagi, mesin terasa agak kasar. Apa karena mesin sudah panas? Tapi kenapa sewaktu dibawa jarak jauh hal itu tidak terasa? Saya tidak tahu apa ini normal. Tapi ini hanya terjadi kadang2 saja.

That’s all pengalaman saya dengan Enduro Racing. Ada niatan pengen coba2 oli merk lain lagi sampai menemukan yg bener2 enak buat tunggangan sehari2..

50 thoughts on “Coba-Coba Oli Enduro Racing dari Pertamina

  1. mungkin mesin kasar dikarenakan oli yang belum melumasi mesin dengan sempurna, nah pas udah agak lama baru udah terlumasi semua, jadi gejala mesin agak kasar ini tidak terasa lagi…
    semoga bener😀

  2. hati2 juga mas klo beli enduro selain di SPBU pertamina, pernah saya ngalamin 2 kali pakai oli enduro yang saya sedikit ragukan kualitasnya, entah itu oli palsu atau memang sudah kadaluarsa kurang tahu juga. setelah dipakai performa motor tidak seperii biasanya enak, tidak overheat dan tarikan enteng. dari situ saya berpikir oh mungkin seringan udara sama bbmnya kurang pas, kemudian di cek normal dipembakaran, daripada mubazir ya sudah saya paksakan saja sampai penggunaan kurang lebih 1000km setelah itu ganti lagi dengan enduro yang saya beli di SPBU dan performa motorpun kembali sip.

  3. klau sya pake mtor satria f , biasax oli sgo sya pke, tapi stlah sy coba pke oli enduro kyax lbih bgus dari sgo.

  4. jgn sering ganti”oli cuy…makin lama rasa motor lo beda,soale beda oli beda treatment olinya,mending pake shell AX5 aja..SAE 15/40…sedang itu,kalo pake enduro kelewat encer,kadangkalanya malah bikin slip kopling..gak gampang panas krn mesin gak ada beban krn encer oli…tp sebenarnya untuk friksi dikopling malah jadi slip…coba aja dalam kondisi macet dan stop/go selama 30menit…motor jadi boyoh….dan coba sie gw

  5. Terakhir coba Repsol 20/50, wuih jadi seperti baru nih Shogun ane ^L^ Sebelumnya sering gonta-ganti dari motul, bm1, federal dll, terakhir pake Eneos terus sampe coba ganti Repsol karena bengkel gak ada Eneos..
    menurut saya Shogun cocoknya sama 20/50 sesuai anjuran pabrik.. kalo pake yg 10/40 mesin terasa kasar.. yg 15/40 kayanya belum pernah coba..

    1. oh gitu ya mas, Shogun nya seri apa ya?
      saya dah pernah nyoba 10W30, 10W40, 15W40, 20W50
      terakhir sekarang 15W40, oli diesel Meditran SX:mrgreen:

  6. Bang boleh nanya ga. . .?
    Shogun 125 R aku udah dikorek korek abis biar kenceng. . .
    oli yang bagus buat motor aku apa ya. . .?
    kalo oli Enduro Racing cocok ga. . .?

    thankz. . . .. .

  7. semua oli itu hampir sama gan, masalahnya jgn sampai pakai yang tiruan atau merek nga jelas. Aku seh selama ini pake Lucas Oil cocok-cocok aja.

  8. cobain Evalube Pro 10W30 om (semi sintetik).. cuman 30 rebu..
    ini lagi nyobain di shoun110 dapet geratisan acara gilamotor-evalube kmaren.. lumayan ajib…

  9. Saya pake enduro 4T Racing. sebelumnya pake Repsol sama Shell AX 5. Emang bener sih kalo oli itu cocok2an. Motor saya Supra X 125, cukup ganti ukuran gear yang lebih gede dari standar ditambah oli Enduro Racing, tarikan motor saya nendang banget. Jadi ngeri kalo udah gigi 3, soale kalo di gas dikit langsung nyelonong. Enteng bener.

  10. Mantab bener nih oli,, Tarikan nya lebih enak,, apalagi utk Ninja RR saya,, temen ku: tambah weenak brobtarik an nya😀

  11. gan mau tanya nih, saya pake shogun sp 2007, kemarin pertengahan juli abis turun mesin dan ganti seher (udah kurang lebih 7 tahun belom diganti). karena gantinya di Suzukinya langsung ya olinya pake SGO, setelah masa endraining selesai, service dan ganti oli pake SGO lagi, nah kemaren sempet touring ke garut +- 2 jam setengah, pas disana mesin overheat, kopling slip, mesin susah nyala, itu kenapa ya? mohon pencerahannya hehe

  12. Saya punya jawabanya klo lo mau mesin jadi alus suaranya + oil ini bikin irit bensin, ga perlu di panasin ketika mesin dalam keadaan dingin yaitu oil tiens, harga_nya emang cukup mahal Rp 117,000, tapi jangan salah saya klo saya pakai oil ini saya selalu ganti 2 bulan sekali… Beber-bener bagus oil ini
    Tapi klo lo mau harga special mending jadi member aja deh, bisa dapet harga 102.000
    Cobain deh

    1. emang dr masalah yg saya jelasin itu pure oli-nya mas? atau ada kemungkinan engine fail gara2 sehernya belom kuat? btw oli tiens saya baru denger mas…

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s