Downloaders: menggabungkan Chrome dengan download manager

Untuk urusan web browser, kita sudah akrab dengan yang namanya Mozilla Firefox, Google Chrome, atau web browser bawaan Windows, yaitu Internet Explorer. Selain itu, ada beberapa nama lain seperti Opera, Safari, dan beberapa web browser alternatif lainnya. Untuk membaca lebih rinci mengenai web browser, bisa klik di sini.

Kebetulan di sini saya adalah penggemar berat Chrome. Sebetulnya saya gak anti dengan Firefox. Tapi saya lebih suka tampilan Chrome yang simpel. Minimalis banget dah. Hal pertama yang paling saya suka di sini adalah tampilan kolom untuk menulis alamat web dan kolom untuk search di internet jadi satu. Tidak seperti di Firefox yang masih terpisah. Kedua, kita bisa mencetak halaman web dalam bentuk PDF secara langsung.

Tapi kelemahan Chrome muncul saat diintegrasikan dengan Internet Download Manager (IDM). Sering terjadi saat integrasi IDM untuk Chrome diaktifkan, Chrome mengalami crash. Bahkan saat Chrome terbaru yang saya pakai versi 18 dipadukan dengan IDM 6.10.

Nah, supaya IDM gak bikin Chrome crash lagi, sebetulnya cukup dengan menghilangkan tanda centang Chrome di menu Options – Use advanced browser integration. Tapi dengan begitu, kita tidak bisa mendownload di Chrome melalui IDM.

Okelah, akhirnya sesaat saya beralih ke Firefox 11. Tapi tetep rasanya gimana gitu. Setelah browsing2 lagi, akhirnya saya menemukan extension di Chrome untuk mengintegrasi Chrome dengan download manager apapun, termasuk IDM, namanya adalah Downloaders.

Pertama, masuk dulu ke sini.

Photobucket

Cara pasangnya gampang. Klik Add to Chrome. Tunggu sesaat Chrome mendownload dan memasang extension.

Setelah extension terpasang, akan muncul halaman Options seperti ini.

Photobucket

Beri tanda pada aplikasi download manager yang ingin digunakan. Di sini saya menggunakan Internet Download Manager.

Lalu klik Save and Close. Tada.. download manager siap digunakan. Bahkan IDM sekalipun yang sering bikin crash. 🙂

Kita tetap bisa mendownload melalui IDM walaupun advanced browser integration untuk Chrome tidak diaktifkan.

Monggo dicoba..

4 thoughts on “Downloaders: menggabungkan Chrome dengan download manager

    1. kalo saya sih ga pernah pake IDM, jadi ga gitu ngerti
      karena saya pake FDM, cara saya copy dulu link video ke keepvid.com
      nanti klik kanan kualitas video yang diinginkan, trus pilih dowload this link with FDM

Ada komen/kritik/saran?