1280px-Waving_from_the_Harley

7 Tanda yang Perlu Diketahui Pengendara Kendaraan Bermotor

Saat berkendara, pernahkah anda melihat ada orang memberi tanda kepada anda tapi anda tidak mengerti maksudnya? Atau anda ingin memberi tahu pengendara lain, tapi tidak tahu caranya?

Daripada pantomim gak jelas di tengah jalan, silakan baca artikel berikut ini yang merupakan terjemahan bebas dari website Castrol.

1. “Maaf/damai”

Pernah memotong jalur orang lain secara mendadak? Jangan lakukan! Tapi jika terpaksa, tunjukkan penyesalan dan rasa hormat dengan memberi ‘sinyal minta maaf’. Caranya: buat tanda ‘peace’ atau ‘V’ dengan jari tengah dan telunjuk. Hadapkan ke arah orang yang anda potong jalurnya. Peace, bro!

2. “Pelan-pelan, ada bahaya”

Pernah menemui rintangan, misalnya reruntuhan, di jalan yang dapat membahayakan pengendara lain? Untuk memberi tahu pengemudi yang datang dari arah berlawanan, kedipkan lampu kendaraan anda. Untuk memberi tahu kendaraan di belakang anda, tekan rem untuk menyalakan lampu rem berulang kali. Jika menggunakan mobil, keluarkan tangan kanan, lalu ayunkan naik turun.

3. “Beri jalan”

Bagaimana saat anda menemui pengendara yang terlalu pelan dan terlalu ke tengah sehingga menghalangi pengendara di belakangnya untuk mendahului? Caranya, nyalakan lampu sign kanan, biarkan berkedip beberapa saat. Jika pengendara di depan tidak melihat, kedipkan lampu depan beberapa kali.

4. “Ada masalah dengan kendaraanmu”

Pernah melihat ada yg salah dengan kendaraan orang lain tapi dia tidak menyadarinya? Tunjuk bagian yang bermasalah, misal ban yang bocor, lalu beri tanda ‘thumb down’ (tangan mengepal, jempol menunjuk ke bawah).

5. “Periksa lampumu”

Pernah menemui kendaraan yang lampu depannya mati, atau lampu sign menyala terus? Beri tanda dengan jempol dan ujung jari lain bersentuhan membuka-menutup.

6. “Saya butuh bantuan”

Jika anda dalam masalah dan butuh bantuan, buat tanda ‘T’ dengan kedua tangan.

7. “Terima kasih/saya mengerti”

Untuk berterima kasih atau memberi tahu pengendara lain bahwa anda mengerti pesannya, cukup acungkan jempol ke atas. Atau beri ‘kiss bye’ alias cium jarak jauh (tidak direkomendasikan, terlalu vulgar)😀

Sumber: Castrol

4 thoughts on “7 Tanda yang Perlu Diketahui Pengendara Kendaraan Bermotor

  1. wkwkwk..tapi kalo di terapin di sini, bisa2 salah arti ni hehehe…

    kayak yang thumbdown tuh, di kiranya malah ngejek ntar hahahaha…yang ada bukannya ngasih tahu, malah yang di kasih tahu ngajak berantem wkwkwkw…:D :Peace:

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s