Avira Free Antivirus

Update Manual/Offline Avira Free Antivirus: Mudah dan Ringan

Bagi para penyuka software gratisan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya Avast Free Antivirus atau Avira Free Antivirus. Dua software antivirus gratis buatan luar ini memang selalu bersaing ketat untuk jadi yang terbaik. Dan saya rasa, untuk pengguna rumahan, kedua antivirus ini sudah cukup melindungi.

Awal2 saya sempat menggunakan Avast Free. Secara tampilan lebih elegan dibandingkan Avira Free. Avast Free pun memiliki fitur2 yang tidak dipunya oleh Avira. Tapi ada satu hal yang membuat saya berpaling ke Avira, yaitu kemudahan melakukan update offline.

Seperti biasa, untuk melakukan update antivirus secara offline atau manual, kita harus mengunduh sebuah file update yg berisi update komplet (istilahnya cumulative update). Terakhir saya donlot update avast ukurannya berkisar 61 MB. Setiap ingin mengupdate, kita harus mengunduh file update ini. Bagi saya yang hanya menggunakan akses internet gratisan di kantor, hal ini tentu saja merepotkan. Selain menyita waktu (walaupun biasanya dilakukan sambil kerja), juga menyita bandwidth. Agar tidak boros, speed harus dilimit.

Metode yang digunakan Avira untuk update offline agak berbeda, yaitu menggunakan Avira Update Tool atau Avira Fusebundle Generator. Tool ini digunakan untuk melakukan update secara inkremental atau bertahap.

Saat pertama kali dijalankan, tool ini akan membuat sebuah file database vdf_fusebundle.zip yang berisi update komplet yang ukurannya cukup besar, yaitu beberapa puluh MB. Namun saat dijalankan berikutnya, tool ini hanya akan mencari lalu mengunduh komponen2 tertentu untuk mengupdate file vdf_fusebundle.zip yg sudah tersimpan di folder komputer kita. Begitu seterusnya. Tentu saja ini meringankan bagi pengguna dengan bandwidth dan speed internet yang terbatas.

Untuk mengunduh tool ini bisa melalui laman ini, atau klik di sini untuk langsung mengunduh.

Bagi yang ingin menginstal Avira Free Antivirus (sekarang versi 2013) bisa liat2 di sini dulu atau langsung klik di sini untuk langsung unduh.

Berikut ini cara penggunaan Avira Fusebundle Generator (klik gambar untuk memperbesar).

  1. Setelah diunduh, extract file zip tersebut. Akan muncul folder avira_fusebundlegen-win32-en.

  1. Setelah itu, buka folder dan jalankan file fusebundle.exe dengan ikon merah bergambar payung putih.

  1. Di layar akan tampil jendela Command Prompt. Biarkan proses berjalan hingga jendela menutup sendiri.

  1. Di dalam folder avira_fusebundlegen-win32-en sekarang berisi beberapa file/folder tambahan.

  1. Buka folder install. Temukan file vdf_fusebundle.zip di dalamnya. File ini yang digunakan untuk melakukan manual update Avira Free Antivirus.

Catatan:

  1. Kalau di dalam folder install ada isi selain file vdf_fusebundle.zip, berarti ada kemungkinan proses update terputus di tengah jalan. Ulangi lagi langkah 1. Pastikan hanya file vdf_fusebundle.zip yg ada di dalam folder ini.
  2. Jangan pernah menghapus file vdf_fusebundle.zip di dalam folder install. Jika terhapus, sama saja anda harus mengulangi proses update dari awal lagi.
  3. Anda dapat meletakkan folder berisi tool ini (ingat, folder ini adalah satu kesatuan) di dalam flash disk anda. Dengan begitu, sewaktu2 anda online, entah di kantor, di warnet, atau via hotspot, anda tinggal tancap flash disk dan menjalankan tool ini untuk melakukan update.
  4. Bagi anda yang sudah mengupdate Avira Free Antivirus 2012 menjadi Avira Free Antivirus 2013, lalu menemui kesulitan melakukan manual update menggunakan vdf_fusebundle.zip, anda bisa membaca pemecahannya di artikel berikut ini.

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s