Pake Oli Diesel di Motor: Risiko Tanggung Sendiri

Kontroversi pemakaian oli mobil di motor emang udah lama. Sampe sekarang pun kontroversi ini masih terus lanjut. La wong oli motor aja cocok2an, ini kok mau pake oli mobil 😈

Alasan utama yang dikemukakan pihak yang kontra oli mobil untuk motor biasanya seperti ini:

  • Putaran mesin (RPM) motor jauh lebih tinggi drpd mobil. Tentu oli mobil tidak sekuat oli yang memang khusus dibuat untuk motor.
  • Motor kopling basah menggunakan kopling yang terendam oli. Untuk itu dibutuhkan oli yang licin, tapi juga tidak terlalu licin agar kampas kopling tidak selip. Untuk itu dibutuhkan oli bersertifikasi JASO MA (yg terbaru JASO MA2). Sertifikasi JASO MA menjamin oli tidak membuat selip kopling.

Setelah baca2 referensi dari forum luar maupun dalam negeri sendiri, saya cukup bisa menerima argumen dari pihak yang pro oli mobil untuk motor. Beberapa di antaranya:

  • Better Performance.
  • Longer Drain Interval.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.

Argumen2 tersebut bisa dibaca lebih lengkap di arsipnya mbah Google saja. 1 😀

Saya pun tertarik untuk mencoba, tentu risiko ditanggung sendiri. Apalagi motor saya bebek biasa. Bukan matik yang bisa asal cemplungin oli. Buat matik, makin licin mestinya makin oke.

Akhirnya setelah memberanikan diri, saya coba cemplungin Pertamina Meditran SX SAE 15w-40 API CH-4/SG. Ini masih oli mineral. Rasanya kurang lebih sama seperti oli motor biasa. Ga ada yang spesial. Sudah kurang lebih 3 botol saya pakai oli ini. Pergantian tetap di range 1500-2000 km.

Sempat terpikir untuk mencoba yg semi sintetis, Fastron Diesel. Tapi waktu menanyakan ke toko oli, engkohnya malah merekomendasikan Mobil Delvac MX. Jadi galau 👿

Waktu keluar oli Suzuki yg baru, SGO 4T SP, semi sintetis 10w-40, beralihlah saya ke situ. Itung2 ngedukung Suzuki. Masa motornya ga laku, olinya juga :mrgreen:

Kalau dibandingin dengan oli andalannya dari dulu, SGO mineral 20w-50, tentu ini kemajuan. AHM saja berani mengeluarkan oli yang ‘katanya’ fully synthetic AHM SPX-1 dengan SAE 10w-30. 2

Sempet bertahan pake SGO 4T SP sampai 2 botol.3  Tapi dasarnya saya suka antimainstream, saya pun tergoda untuk pake oli diesel lagi. Apalagi setelah nemu forum pengguna oli diesel di negeri jiran. 4

Beberapa oli2 rekomendasi mereka adalah Shell Rimula R3X, Shell Rimula R4, Mobil Delvac MX, dan Duron XL atau E-XL.

Rekomendasi HDEO

Pikir saya, kenapa ga nyobain produk dalam negeri aja? Mantaplah terbeli Fastron Diesel seharga 55rb ukuran 1L.

Fastron Diesel tu yg paling kanan

Sebetulnya sempet minat Mobil Delvac 1 5w-40, udah sintetik, tp sayang, harganya gak ku-ku, hampir 200rb 😦

Seperti biasa, ganti oli sepulang kantor. Sekalian ganti filter. Trus isiin 900 mL. Besok paginya manasin motor, suaranya biasa aja, alus. Setelah dipake jalan, alusnya berasa. Paling kerasa bedanya kalo oper dari gigi 1 ke gigi 2 sewaktu rpm tinggi. Oper giginya empuk. Dengan oli2 sebelumnya seringnya bunyi ‘klak’, pokok gak empuk lah. Oper gigi 2 ke 3 ke 4 di rpm tinggi juga empuk.

So far udah 100 km lebih, saya suka performanya. Gejala selip kopling gak ada. Oper gigi empuk. Mesin halus, di negeri jiran istilahnya ‘semut‘, 😆

Tinggal lihat nanti bisa bertahan berapa km sampai ada penurunan performa. Pengaruh oli diesel ini ke part2 dalam mesin belum bisa saya pastikan, tunggu waktunya servis besar aja :mrgreen:

Kalau ada yang berbeda pendapat, silakan saja. Saya cuma berbagi pengalaman. Saya pake oli ini dengan risiko sendiri kok 😈

Update:

Di FB sekarang dah ada grup utk pengguna oli mobil dan diesel 5

Setelah pemakaian Fastron Diesel 2 botol, karena ganti harga dari 55 ribu jadi 70 ribu, akhirnya saya coba Adnoc Voyager Silver. Ini oli mobil dengan spek yang saya cukup berani coba di motor sendiri. Performa cukup baik tapi tetep berasa kurang sreg dan pingin balik ke oli diesel. Akhirnya setelah 2000 km, Adnoc dikuras dan motor pun diisi oli baru, oli diesel lagi, Shell Rimula R4X. 😀

59 thoughts on “Pake Oli Diesel di Motor: Risiko Tanggung Sendiri

    1. oli diesel itu kadar TBN dan detergennya tinggi,bisa menyebabkan korosi pada mesin bensin karena aditifnya sangat keras.soal pelumasannya memang sama,mungkin FLASH POINT nya aja yang di buat tinggi,karena mesin diesel itu sangat panas.

      1. anda lihat persamaannya aja, Oli bensin yang Tinggi, API Service, apa persamaan API Service di diesel….
        begitu pula sebaliknya….
        Saya sudah lama pakai Oli DIesel untuk mobil2 bensin saya….. Longer Use!

  1. Gak Usah takut pake oli diesel maupun oli mobil, yg penting tidak mengandung “friction modifier” atau termasuk kategori “energy conserving” (hindari membeli oli yg pada kemasannya terdpt logo ataupun sticker yg bertuliskan seperti itu). Skedar share pengalaman pribadi aja, gw pk new jupiter mx 2011 yg versi kopling / 5 speed dan udh coba beberapa merk oli :

    – Y*m*lub* gold (cm berasa enak smp 900km doank, hbs gt gw kapok pake merk ini krn makin lama mesin jd kasar, berat dan panasnya smp berasa di kaki > buset deh).

    – shell rimula r3x 15w-40 (mesin agak berat mungkin karena bukan oli sintetik, tp mesin dingin, kipas radiator jrg idup walopun kna macet lama > gw cm pk oli ini selama +/- 2000km, krn udh ngebet jajal oli lain. Xixixi).

    – Mobil Delvac 1 5w-40 (Enak, mesin dingin halus & enteng, oli ini gw pk selama +/- 7000km dan msh berasa enak, mungkin karena full sintetik > Termasuk oli favorit gw.

    – Duron E-XL 15w-40 (Walopun tdk se-enak Mobil Delvac 1, tp mesin dingin halus & enteng, oli ini gw pk selama hampir 9000km. Emang rasanya skrg udh menurun sih dibanding wkt baru ganti oli dulu, kan udh hampir 1 tahun jg ini oli ada dlm mesin gw. > Sementara oli ini jd favorit kedua, krn gw msh galau mo cb amsoil ato balik lg pk Mobil Delvac 1 yaaa ???

    Buat info jg.. Gw pk 2 merk oli terahir smp skrg msh bs lari 142 km/h klo kluar kota (indramayu, cirebon, pemalang, alas roban, semarang). Gw cm modal CDI racing sm pertamax 92 doank, selain dari itu motor gw msh full standard ting2, gak ush pake korek2 / ganti2 knalpot, karbu ,apalagi mesin, smua msh pk ori, yg penting tehnik bawanya aja klo menurut gw. Keuntungan lain pk motor yg gak terlalu dikorek2 adlh bensin irit, pas jln luar kota tu 1 liter bs menempuh 45km – 48km klo pengalaman gw.

    Ok guys semoga blog ini bs berguna buat banyak pihak.

    – Keep Safety Riding –

    1. thanks mas sharingnya
      ane jg tadinya mau beli Delvac1 5w-40, tp belum kuat maharnya 😀
      kalo Duron, mesti pesen pk kirim2 jd males
      emang mau nyobain amsoil yg mana?

    2. Iya sm2 mas Sigit.. Topik blog ini jg menarik, mengingat msh bnyk jg org yg belum berani “keluar jalur” spt yg udh mas Sigit lakukan ini, ditambah lagi diangkat jadi tulisan di blog (sayang dari dulu gw gak hobi nge-blog, FB, twitter, dsb. Apalagi stlh rumah tangga ky skrg, waktunya makin dikit dan gak punya cerita deh. Wkwkwk…).

      Emg bener.. Utk beli 1 botol / 1 liter oli premium itu hrs ngerogoh kocek lbh bnyk, krn harganya bs mencapai 5x – 6x harga oli reguler, tp sepadan sih sm kepuasan dan performa yg didapat. Hehehe.

      Klo mo beli Amsoil sih gw akan pilih yg 10W-40 Advanced Synthetic Motorcycle Oil (http://www.amsoil.com/shop/by-product/motor-oil/motorcycle/10w-40-advanced-synthetic-motorcycle-oil/?code=MCFQT-EA), krn dr review2 dan data2 online yg gw baca, rata2 bilang oli itu bgs. tp gw galau krn pgn jajal produk baru DURON-E Synthetic 10W-40 (http://lubricants.petro-canada.ca/en/products/2725.aspx), padahal oli ini blm keluar wkt gw beli yg E-XL awal tahun ini. Yang bikin ngiler itu adlh krn oli ini full sintetik dan cocok dgn standarisasi JASO MA dan JASO MA2 (tdk seperti Mobil Delvac 1 yg tidak mencantumkan kecocokan dgn standarisasi tsb pd spesifikasinya, tp setelah cari2 info baru deh gw mau jajal dan bs rasain bedanya).

      Setidaknya gw msh pny wkt 1 bulan deh utk baca2 lg review dan info2 ttg produk ini, sambil menimbang2 dan menunggu waktu utk mengambil keputusan agar tidak ngawur. Dan siapa tau jg Shell Rotella T6 5W-40 sintetik bs masuk Indonesia. Hehehe.

      Kalo emg tertarik ttg perihal oli motor, bs jg koq baca2 di thread kaskus ini : http://www.kaskus.co.id/thread/51963782582acfeb0100000b/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor/

      Semoga bermanfaat

      1. sebetulnya pilih oli premium jg lebih ke mengurangi limbah oli karena masa pakai yang lebih panjang
        kalo saya ada duit sih, kayanya pilih Duron 10w-40 aja atau MD1 5w-40 😀

        iya, sy juga mantau thread itu dr bbrp waktu lalu, thanks dah urun rembug 😀

    3. Akhirnya ketemu juga sama rider njmx, btw ane bingung mau nyoba oli sesat antar r4x atau pfd atau mobi delvac 1

  2. Klo oli diesel yang punya tingkat kekentalan tinggi itu bagusnya buat motor yang gampang overheat, berdasar pengalaman saya kendalanya sih saat mesin masih dingin tarikan motor agak berat tapi pas mesin udah panas tarikanya lepas banget tanpa perlu khawatir terjadi overheat berlebihan yang bisa ngebuat part motor jadi sesak dan akhirnya mengakibatkan tenaga motor turun.

  3. kayanya oli diesel masih sah-sah aja. yg pnting gak ada kode ‘Acea’ yg berarti friction modifier(kalo gak salah :D)

    cz ane skrng pake oli mobil yg biasa2 aja yaitu mesran super 20w-50 fine2 aja, berbeda dengan waktu pake primaXP walah kopling berasa selip ketika masuk tanjakan, suara meraung duluan ketimbang larinya, walau di jalan datar pake primaXP bikin enteng tenaganya.

    kalo pingin kentel knapa gak pake endro 20w-50 bro??? ini oli lumayan kentel bikin lari motor jadi berat, tapi masa pemakaiannya awet.

    1. yap betul, jangan pake yg ada friction modifiernya
      tapi klo gak salah, PrimaXP 20w-50 itu ada label JASO MA, mestinya ga bikin selip kopling.. imho

      ane gak nyari kentalnya kok, tp pengen nyoba aja klo oli diesel bisa dipake di motor ‘n ternyata menurut ane lebih enak dibanding oli2 motor yg udah ane cobain

  4. Jd pengen coba juga nih ganti sama oli diesel. Mau tanya nih om sya pake pulsar 200 ns, kompresi 11:1, kalo rekomen pabrik harus pake oli grade SAE 20W50 API SL/JASO MA. Kalo misal pake oli diesel yg cocok yg mana ya? Trs kalo oli kendal super dxa bagus ga om? Tq salam kenal 🙂

    1. ane juga udah nyari sae 20w50 api sl jaso ma, tapi.kok di pasaran jarang kalo api service sl paling mentok sj. tapi kalo.sae 15w50 banyak yang api sl tapi ga jaso ma……akhirnya ya pake catterpilar sisa maintenance genset lah kok malah enak pas baca msds nya ada jaso ma dan api cd oli diesel juga….tapi monograde…..motor ane p135 ls bang

      1. kebanyakan oli diesel memang gak punya sertifikasi JASO MA, tp secara spek, oli diesel memenuhi syarat utk dipake di kopling basah.. cmiiw

  5. Ane pakek rimula r4x juga di supra x125, gejala awal mesin sing mati waktu dibuat berhenti. Tapi setelah 200kman udah gak lagi.
    Enak gan, di bawa lari mesin gak berisik

    1. Ane juga pake Supra X125, tapi masih ragu aja mau pakek yg Shell R4X kayak agan, reviewnya sampe detik ini gimana gan?

  6. salam mas sigit sy juga pake oli oli deltalube 757 dimotor verza mesin jd halun tarikan lumayan panas di mesin berkurang. pengalaman sy pake oli motor sudah 2 kali overheat alias mati dijalan, tapi setelah pake oli deltalube 757 oke” sj malah umur pake lebih panjang

  7. Shell rimula rx4 kalau di pakai untuk P 200NS bagus tidak mas.
    Rencana saya mau pakai juga untuk Supra x 125 saya.
    Saya tertarik karena oli diesel bisa dipakai jangka panjang.
    Saya biasa ganti oli motor 1bln paling cepat dan 2bln terlama. Itupun 2bln udah ga enak tarikan motor berat.
    Nah oli diesel apa saja yg recomen dgn harga yg relatif murah . thanks.

    1. bisa dipake, tapi cocok enggaknya cocok2an jg
      oya, pake oli diesel bukan asal dipake jangka panjang, tetep perlu dipantau kondisi dan volumenya

  8. Smpe skarang sy msih stia pake oli disel di motor,shell rimula r5e synttis 10/40,asumsi prbdi jka dibndingkan oli khsus motr/pcmo,saat brmacet ria shu msin lbh dingin gk brsa smpe ke kaki,tarikan lbh enteng dri oli motor yg speknya sama,sblmnya sy pke shell ax7 yg katanya oli maknyus

Ada komen/kritik/saran?