1024px-Suzuki_GW250_2011_Tokyo_Motor_Show

SGO 4T SP: Oli Inazuma dari Suzuki

Selama ini ngertinya SGO itu ya 20W-50. Masih oli mineral dan kental. Sering denger rider Suzuki yang beralih ke merek lain karena gak cocok sama oli kental ini (termasuk saya juga :D). Biasanya nyari yang lebih encer ‘n speknya lebih tinggi.

Dah lama nunggu2 kapan Suzuki ngeluarin oli yang lebih modern buat motor2nya. Akhirnya kesampaian juga. Pertama ngerti dari internet kalo Suzuki ngeluarin SGO yang speknya 10W-40, udah API SL, semi sintetik. Denger2 sih oli ini emang buat Inazuma. Masak iya, Inazuma mau dikasih SGO 20W-50.😈

Begitu ada waktu, coba mampir ke dealer Suzuki Indosolo Jajar. Ternyata mereka malah belum tahu ada oli ini. Malah disodorin SGO yang buat matik.😮 Daripada ngeyel, wong jelas2 mereka belum dapet distribusi dari pusat, ya udah pulang aja.

Lama kemudian, waktu mampir ke Suzuki Indosolo Kartosuro buat nanyain laker, malah liat botolnya dah terpajang. Langsung tanya harga, untuk 1 liter dihargai 39.500. Murah juga. Lupa kalo yang 800 mL berapaan. Akhirnya diniati ganti oli berikutnya nyobain ini.

Begitu waktunya ganti oli, beli yang 1 liter (39.500) plus filter (9.500) karena sebelumnya pake oli merek lain. Depannya ada gambar Inazuma :shock: Itung2 sebelum nyobain Inazuma, nyobain dulu olinya dah😆

Nyampe rumah, keluarin oli lama, masukin oli baru. Hmm.. rasanya lumayan enteng. Maklum, sebelumnya pake 15W-40. Walaupun angka belakang sama2 40, tetep berasa beda..

Begini ini penampakannya:

 photo DSC05101_zps08c0c93f.jpg
Oli tutup merah
 photo DSC05102_zpscb6ed57f.jpg
Diformulasikan untuk motor sport…:mrgreen:
 photo DSC05103_zps7194dd6a.jpg
Tampak belakangnye, 10W-40, API SL JASO MA

Oli ini udah dijajal buat jarak jauh, mudik ke Purwokerto pp waktu lebaran kemarin. Gak ada kendala berarti di jalan. Lancar jaya.

So far 1000 km udah terlampaui, performa masih sama. Buat pengguna motor Suzuki yang lebih suka/cocok pake oli encer, cobain dulu deh oli ini sebelum pindah ke lain hati.:mrgreen:

Update:

Habis ganti oli, beli yg 800 mL, ternyata gambarnya bukan Inazuma lagi, tapi Shooter:mrgreen:

 photo DSC05191_zps051e10fd.jpg
Oli biru tutup kuning
 photo DSC05192_zps9f6a5008.jpg
Bukan Inazuma lagi, tapi Shooter😀
 photo DSC05193_zps1824a997.jpg
Berarti buat bebek pun cocok
 photo DSC05194_zps3006bff3.jpg
Silakeun dibaca

34 thoughts on “SGO 4T SP: Oli Inazuma dari Suzuki

  1. iya, kemaren baru ganti oli gratisan shooter eh, liat botolnya kok beda stiker. ternyata SGO4T 10w-40 SL MA. Gambarnya sama kayak motor ane. Shooter. Dari spek sama dengan enduro racing yak..
    Soal performa emang jauh lebih enteng dari SGO 20w-50. Suara mesin lebih berani dikit, tarikan enteng. Top speed masih sama..
    kalo harga yg 1 liter 39500 berarti yg 800ml dibawahnya ya..
    Hmm.. lebih murah dari enduro racing. Mantap lah!

  2. bro setau ane kalo kalo nomor seri JASO MA nya itu kalo belakang M 081 itu nunjukin dari jepang dan SMC itu jelas banget SUZUKI MOTOR CORPRATION dan liat/bandingkan dengn SGO yg 20W-50 kode jaso ma nya 062 itu nunjukin indonesia dan SIM=suzuki indomobil motor..

        1. Terakhir beli tgl. 24/5/2014 yg 800 ml Rp. 36.500 di BeRes dkt rmh di kelapa gading Jak-Ut. Motor ane Supra x 125R th 2011 dah 2X ganti pake SGO ini yg ke-3. Rasanya mirip spt End**o Racing (sblmnya pake ini) tp sedikit lbh baik, mgkn karena “SL” nya (kalo yg itu kan SJ) & ada ukuran 800ml jd ga pake sisa. Ya sekedar share aja.

  3. rasanya piye mas?
    dulu waktu inazuma keluar…
    ane dtawarin buat pake nih sgo 10w-40 di shogun axelo ane sm kepala mekanik bengkel suzuki langganan ane… tp krn ud terlanjur bawa dr rumah oli enduro racing jdnya ga brni pake…. eh kesini2nya kseringan pake enduro… hahaha
    ada gejala slip kopling ga mas? dan tahan brp km?

    axelo ane dulu suka selip kopling wktu lg cari2 oli yg pas…. dan yg ga selip kopling ya enduro racing

    1. rasanya… enak2 aja sih, ga berani lebih dari 2000km juga, yg jelas di 2000 itu dah ada penurunan performa

      rasanya selip kopling gimana ya mas? ga ngerti sih rasanya ky mana jd ga bisa bilang juga…😀

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s