Ganti Laker Roda Belakang

Awalnya dari ban belakang berasa gak stabil. Kepikiran buat ngecek bearing/laker/lahernya. Standar tengah, trus goyang2in roda. Eh, ternyata bener, ogleg2. 😕

Motor saya bawa ke bengkel resmi Indosolo Kartasura. Habis daftar, motor saya tinggal. Saya berangkat ngantor bareng temen yang udah nungguin di depan bengkel. Karena motor ditinggal jadi gak bisa foto2. 😀

Gak berapa lama dapet sms dari mekanik yang menangani motor saya. Ternyata dia kenalan saya. Tepatnya, suami temannya istri saya. Dia memang mekanik senior Suzuki Solo 😎 Namanya Wahyu.

Katanya rem belakang macet, mau dibongkar apa gak. Biaya kira2 120an. Takjawab oke. Pikir saya, sekalian ajalah. Mumpung motor lagi di bengkel ‘n dibongkar.

Siang habis Jumatan, motor saya ambil. Total biayanya 141.500.

Sebelum pergi, saya sempetin tanya2 ke mas Wahyu. Katanya waktu mau ngelepas roda, piston kaliper bisa direnggangin dikit, tapi trus macet. Setelah dibongkar semua, ternyata pistonnya berkerak. Karena minyak rem dikuras, sekalian diganti. Jadi begitu..

Setelah ganti minyak rem belakang, kalo nginjek rem berasa empuk. Next pengen ganti minyak rem depan ‘n ganti minyak shockbeker depan. Belum ada masalah sih, cuma buat jaga kondisi aja.

Ini salinan nota yang saya terima, siapa tahu bisa buat referensi.

KELUHAN:
CEK BAN BELAKANG OGLAG

JASA PERBAIKAN:
BONGKAR RODA BELAKANG
= 7.272
SERVICE REM CAKRAM
= 22.727

PEMAKAIAN SPARE PART/MATERIAL:
08143B62017N001 BEARING FRONT HUB ?? (6201-Z/C3MT)
= 17.272
08143B63017M001 BEARING REAR HUB ?? (6301-Z/C3MT)
= 15.909
59303-14500L000 BOOT
= 6.818
69600B21B10N000 PISTON CUP SET
= 52.727
99000B05BFL?000 BRAKE FLUID 50ML
= 5.909

SUBTOTAL = 128.635
PPN 10% = 12.865
TOTAL = 141.500

#Print out gak gitu jelas, jd ada nomor seri yang kurang bisa dibaca.

Oya, kode bearing yang dipakai untuk roda belakang tertulis 6201 dan 6301 (liat yang dicetak biru). Waktu dicocokin dengan situs spare part online Suzuki1 kok gak sama ❓

Image 1
Perhatikeun no.6 & 13. Trus cocokin dengan tabel di bawah ini.

Image 2

Di web tertulis dua2nya seri 6201, padahal praktiknya 6201 & 6301 (seperti tercantum di nota). Bisa juga diliat dari beberapa rujukan di internet.

But it’s OK. Itu urusan yang bikin web. Toh mekanik di lapangan lebih tahu.

Kali ini saya puas dengan kerjaan bengkel resmi Suzuki. Khususnya dalam hal ini Indosolo Kartasura. Makasih juga buat mas Wahyu yang udah ngerjain motor saya dengan baik. 😀

Shogun dilawan!

8 thoughts on “Ganti Laker Roda Belakang

  1. lama gk berkunjung hahaha. maklum saya sibuk terus mas sigit he. wah klo saya pake yg kw sekian tapi lumayan mas bisa awet selama 2 tahun klo untuk bearing, asalkan yg ada seal alias penutup bola2 bearingnya, terus dikasih minyak gemuk lagi yg banyak. lumayan juga lo.

      1. ia mas, soalnya kalo semua harus original SGP untuk bagian2 yg memang gk perlu part asli mumet juga harganya xixixix. makanya saya selalu muter otak buat ngakalinnya.

Ada komen/kritik/saran?