DSC04695

Dikecewakan Bengkel Resmi Suzuki

Mungkin sudah banyak orang yang kecewa dengan aftersales Suzuki, tp baru kali ini saya ngalami sendiri.

Kejadiannya begini. Kebetulan hari Minggu itu, saya lagi niat nyervis motor. La kasian juga sama ni motor, dah 7rb km sejak servis yg terakhir. Sapa tau habis diservis jadi tambah ngacir.:mrgreen:

Di deket rumah ada bengkel resmi, Indosolo Kartasura, cabang Indosolo Jajar. Sayangnya, hari Minggu tutup dan Sabtu cuma setengah hari.

Padahal, hari Sabtu saya juga masuk setengah hari, jadi pulang kerja bengkel itu pun sudah tutup.

Nah, saya berencana servis ke Indosolo Jajar. Dulu itu bengkel yang setau saya rajin buka kalo Minggu. Beberapa waktu lalu, saya lihat di luar gerbang Indosolo Jajar terpajang papan bertuliskan jadwal penjualan, service, dan spare part. Di situ tertulis kalau hari Minggu buka 08.00-16.00.

DSC04695

Meluncurlah saya ke TKP. Papan itu ternyata masih ada. Dengan tulisan yang belum berubah.

Tapi jauh panggang dari api. Pertama, sudah tidak menerima servis karena sudah penuh. Mekanik cuma sedikit dan servis hanya setengah hari, sampai jam 12 siang.  Kedua, baut bodi motor yang saya cari gak ada.

Soal servis ga masalah. Soalnya saya punya rencana cadangan, yaitu servis di MOSS Slamet Riyadi. Soal baut, entahlah, mungkin coba di lain hari saja.

Akhirnya saya coba berdialog dengan mbaknya. Detilnya saya lupa jd saya coba tuliskan apa yg saya ingat walaupun gak sama persis.

S (saya): “Kok cuma setengah hari to mbak, kan di depan ada tulisan sampe jam 4?”
Mb (mbak): ‘Itu untuk penjualannya mas.”

Saya manthuk2 sok ngerti soalnya waktu itu saya lupa persisnya tulisan di depan ky mana. Ternyata waktu keluar saya baca lagi, ga ada pembeda antara jam penjualan dengan jam servis.😡

S: “Kok bautnya gak lengkap mbak? Trus saya cari di mana kalo begini?” (dengan nada menuntut)
Mb: “Coba di toko baut mas.”
S: “Wah, la kalo bautnya khusus trus gak ada, gimana dong?”
Mb: “Ya coba besok, soale kalo hari biasa kan ada masnya yg bisa nyariin ke gudang. Sekarang jg gudang tutup.”
S: “Oooh.. Padahal ini kan main dealer Solo mbak.”
Mb: “Itu dulu mas. Sekarang bengkelnya berdiri sendiri-sendiri kaya Honda.Jadi Indosolo berdiri sendiri, cuma membawahi cabangnya. Bengkel lain juga begitu.”
S: “Oh gitu.. La kenapa kok servis cuma setengah hari? Bukannya kalo Minggu justru orang libur jadi rame yang servis?”
Mb: “Iya mas, tp ini sebenernya pada minta libur. Soalnya cabang aja libur, sini juga maunya libur.
S: “O iya mbak, di Kartasura deket rumah saja sebenernya ada, tp tutup klo Minggu.”
Mb: “Kalo masuk gini repot mas. Anak saya aja saya bawa ke sini. Anak saya jg nanya, kok ibu gak libur.”
S: “Hmm.. ”
Mb: “Lagian masuk gini gak diitung lembur mas”
S: “O gitu.. Ya sudah mbak, makasih”

Kurang lebihnya begitulah yang saya ingat dan saya tangkap dari dialog dengan mbaknya.

Padahal bengkel-bengkel resmi merek lain justru makin menjamur dan meningkatkan pelayanan dengan buka hari Minggu… Gimana dengan Suzuki❓

Padahal dulu seinget saya, ada masa bengkel-bengkel resmi Suzuki buka hari Minggu. Bahkan Indosolo Jajar pernah buka sampai lepas Magrib.😯

Sekarang bengkel buka hari Minggu cuma kalau ada event Pesta Oli Gratis.. Servis gratis ‘n bagi-bagi oli untuk semua merek motor, bukan cuma Suzuki 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Bagus sih, tapi kan gak tiap minggu ada..😡

Seperti kita ketahui bersama, beberapa bengkel resmi Suzuki di beberapa tempat sudah menutup diri. 10 11 Bahkan saya pernah lihat di daerah Banyuanyar, Solo, bengkel resmi yang menjadi bengkel umum, menerima segala merek.

Mantan bengkel resmi Suzuki di daerah Banyuanyar, Solo
Mantan bengkel resmi Suzuki di daerah Banyuanyar, Solo

Bengkel-bengkel yang tersisa masih mencoba bertahan. Kesejahteraan karyawan minim. Akhirnya pelanggan juga yang dikorbankan.😕

Salahnya sendiri, beli motor kok Suzuki! Kapokmu kapan!😆

Nb: setelah servis di MOSS ternyata benar, motor makin ngacir😎 Entah itu karena habis servis, atau mesin dah penyesuaian dengan oli diesel, atau juga karena sedang pakai pertamax😕

Shogun dilawan…😎

41 thoughts on “Dikecewakan Bengkel Resmi Suzuki

      1. hahahhaaa…ki shogunku lg opname om, moso nek muleh kerjo nek go lambat mesti mati, angkatan gigi 1 gak mau jalan..kaya gejala over heat, soale ane pake istrht bentar trikan gigi 1 bisa lagi…

          1. kemaren shogunku yo mbengkel setengah hari
            ganti laker roda belakang, ternyata kaliper rem cakram belakang jg macet, akire bongkar sisan

  1. mgkn g smua diler suzuki kyk gt ms..bknnya membela y.tp nrut pnglmn sya aj..sy pny mtr new shogun 02 kalo servis d indosolo jbres,seringnya sbtu,kdg slseiny pe sore thu ms..trz ibu sy jg hbs beli shooter, servis d indosolo bejen kra..thu jg pe sore..

  2. Sama tu mas dengan pengalaman saya, dulu waktu pernah punya Thundi 125 jg bgtu, kta mekaniknya malah suruh ganti motor baru, trus sya tanya rusaknya apa, kta mekaniknya CDI sudah diganti ama punya shogin. trus aku jawab, ganti aja ama CDI standarnya, kta mekaniknya CDI Thundi 125 kosong, wealah, dealer resmi kok kagak punya spare part. Ane cari tu CDI ampe kliling Solo, kgak ada yg punya, tobat2. Akire ane msukin ke bengkel dket rmh ane, eh malah ngacir, kgak usah ganti CDI. Akire skrg Thundi ane jual, pusing cari spare part susah. Skrg ganti ama NMP, pernah ane servis ke servis resmi, mengecewakan juga, ganti kampas rem cakram tapi kgak dicek skalian, pdhal seret bgt rem nya, dorong mtornya aja susah, akire ganti lagi ke bngkel dket rmh ane, skrg ngacir. Mungkin karna byaran mekaniknya murah dan flat, jadi sang mekanik jg mikir2 perbaiki mtor yg rusaknya tergolong agak berat, pilih betulin mtor2 baru yg lbh mudah, kan gajinya sama

  3. Pelayanan zuzuki gunung agung kayak taik.udah bayar mahal mahal bukannya motornya tambah enak malah tambah kacau.saya sangat kecewa sekali.udah nunggunya lama.pokoknya zuzuki gunung agung bali gak pantas jadi bengjel resmi.saya akan kasi tau yemen saya semua club satria bali supa ya tdak servis motor di gunung agung bali.bangsat

      1. Sebenernya pengen beli motor suzuki.. Cm saya d jakarta. Disini kok kbanyakan bgkel mobil.. Atau saya yg gk update..
        Cuma ling angga ada gambarannya saja stlg baca blognya. Sblmnya pake yamaha lburnya cm jumat bengkelnya

Ada komen/kritik/saran?

