DSC05020_zpsc06b3f2d

Waktunya Ganti Ban

Ganti ban belakang dah pernah, lupa dulu waktu km berapa, bawaan pabrik Dunlop TT901 80/90 digantikan tugasnya oleh IRC NR76Y (kalo gak salah) dengan ukuran sama. Akhirnya tiba giliran ban depan yg kudu ganti. Rencana ban depan mau saya ganti dari ban belakang, jadi ukurannya naik satu step, dari 70/90 ke 80/90. Ban belakang yang beli baru, naik satu step juga, dari 80/90 jadi 90/80.

Kalo bisa cari yg tubeless juga. Curhat dikit, pengalaman di rumah baru, dalam 1 minggu bisa dua kali nambal ban gara2 ada paku nancep. Maklum, masih banyak yang renovasi, jadi mungkin tukangnya ga sengaja ngejatuhin paku di jalan. Dengan ban tubeless, setidaknya angin gak langsung habis, bisalah dipake ke tukang tambal ban yang agak lumayan jaraknya.

Berhubung dah pegang duit, mumpung lagi senggang juga karena masih libur habis lebaran, meluncurlah saya ke daerah Mangkunegaran. Di deretan sebelah timur Mangkunegaran memang berjejer kios-kios ban. Gak cuma jual ban, mereka juga menawarkan jasa setel pelek, baik itu pelek jari-jari atau pelek racing. Kelewatan satu, di depan masih banyak kios menanti :D Akhirnya diputuskan mampir di salah satu kios, namanya Bintang Surya Mandiri.

Kios Bintang Surya Mandiri
 photo DSC05017_zpsb4e2d431.jpg
Bannya variatif.
 photo DSC05016_zpsbf5fee48.jpg
Ni juga tumpukan ban punya dia.
 photo DSC05018_zps34d77cb1.jpg
Suasana di utara kios
 photo DSC05019_zps0b60f983.jpg
Suasana di selatan kios (bonus tahu kupat)😀

Tanya2 dulu, ada gak ban tubeless 90/80 di bawah 200 rb. Ternyata ada. Pertama ditawari FDR Genzi. Harganya 240 rb udah sama pentilnya. Sebetulnya suka sama kembangannya. Tp pernah ada yg bilang licin pas ujan. Jadi coba cari yg lain. Kalo bisa yang ada garis tengahnya. Ditawari Corsa (lupa serinya) yang ada garis tengah.  Harga 230 rb udah sama pentil. Akhirnya deal ambil ban itu. Sekalian bilang, ban belakang dipindah ke depan. Ternyata harus ngongkosi tukangnya sendiri. Emang kalo pasang biasa gratis. Berhubung ini request terpisah, harus nambah. Biasa 5 rb katanya. Okelah, gak masalah.

Cari tempat duduk dulu buat ngantri. Gak banyak juga sih, Ada dua mekanik. Tinggal nunggu salah satunya selesai. Tahu2 kok si mbak penjual manggil lagi. Dia nawari merek Indotire. Awalnya dia bilang “Indotir”. Bingung juga merek apa ituh.. Setelah liat, baru ngeh ternyata “Indotaier”😆 Penasaran juga nih. Pernah baca2, kualitasnya lumayan bagus. Harganya sama, tetep 230 rb + pentil. Dia bukain dikit plastik pembungkusnya supaya keliatan kembangannya. Okelah, akhirnya rasa penasaran yang menang. Setuju pake yang Indotire. Serinya Street Fighter SF-01 90/80.

Tepat di kisaran km 30.770-an roda belakang dilepas. Dicopoti semua sak ban dalemnya. Woh, ternyata bagian pentilnya dah karatan gitu.

 photo DSC05022_zps16b73a9f.jpg
Pentil dah berkarat
 photo DSC05013_zps5174ee45.jpg
Berdiri satu kaki

Total jendral ada 4 tambalan.

 photo DSC05025_zpsfebee9a3.jpg
Satu, dua..
 photo DSC05024_zps14f80c6a.jpg
Tiga..
 photo DSC05023_zpsadef4bb5.jpg
Empat.

Setelah dilepas semua, trus dipasangi pentil tubeless. Baru tahu ternyata begitu to pentil tubeless. Selama ini gak maksud kalo ada yang bilang beli ban tubeless sekian sak pentilnya. Sayang gak sempet foto. Habis itu, ban baru dipasang.

 photo DSC05014_zps631d00da.jpg
Lagi masang ban baru. Lecet lecet dah..

Dipompa, trus dites di ember isi air. Gak ada gejala bocor, langsung pasang lagi.

 photo DSC05020_zpsc06b3f2d.jpg
Ngetes bocor enggaknya
 photo DSC05021_zpsc29ee199.jpg
Pasang lagi

Giliran buka ban depan. Trus ban luar diganti dengan ban belakang yang lama.

 photo DSC05027_zps5ba8c0bc.jpg
Nyopot ban depan
 photo DSC05026_zps984562c9.jpg
Berdiri satu kaki lagi

Voila, beginilah penampakan akhir ban tubeless di motor saya.

 photo 15e92a10-1ad3-41e6-ab4a-fd01e222dc1e_zpsc06b67c5.jpg
Tampak belakang. Seger abis dicemplungin tadi..
 photo DSC05031_zpsb22be180.jpg
Tampak samping, tubeless cuy.. Ada motif benderanya pulak..
 photo DSC05030_zpsaf10d143.jpg
Tampak samping, 90/80-17 Medium Compound 46P
 photo DSC05029_zps52c50281.jpg
Tampak samping, seri Street Fighter SF-01

So far, dipake fine2 aja. Kurang gitu bisa juga ngebedain rasanya tubeless dengan yg biasa😈 Berhubung lagi gak pernah hujan, jadi belum ketahuan licin enggaknya. Yang jelas tampilan kaki-kaki jadi lebih berisi (‘n berat juga):mrgreen:

 photo DSC05098_zps77d4384f.jpg
Tampak depan, lebih berisi kan
 photo DSC05097_zps5b869e29.jpg
Begini ini kalo ban belakang ditaruh depan

Untuk ban depan, ternyata agak menggesek sedikit ke spakbor sebelah dalam sisi kiri. But, it’s OK lah. Lama2 juga terkikis itu plastik spakbornya😀

 photo DSC05099_zps6e4af1ed.jpg
Mefet euy..
 photo DSC05100_zpsff90b3dd.jpg
Lama2 kegerus juga

Tambahan:

Ternyata ada temen habis ganti ban belakang juga. Dia pake Genzi 80/80 tubeless dipasang ke pelek jari2. Caranya, itu pelek jari2 dikasih manset dulu, baru dipasangi ban tubeless. Sekalian dikasih cairan antibocor juga. Awalnya sukses. Tapi setelah hampir seminggu, ban kehabisan angin terus. Setelah dibuka, manset udah sobek2. Akhirnya sekarang dipakein ban dalam juga. So, buat yang mau pake ban tubeless di pelek jari2, mending pikir2 lagi deh👿

Dia jg bilang, lebih bagusan kembangan Indotire Street Fighter SF-01 daripada FDR Genzi.😈

Misi ganti ban, sukses!

13 thoughts on “Waktunya Ganti Ban

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s