pinberkerak_zpsbe349f22

Ganti Kampas Rem Depan, Baut Dol

Cerita dikit soal pengalaman ganti kampas cakram pertama. Yaaa, agak panjang juga c..😀

Motor New Shogun 125 saya umurnya sudah 2 tahun, jarak tempuh 25 ribu km. Kampas rem cakram depan sudah tipis. Kampas rem belakang sih masih cukup tebel.

Mumpung ada waktu, (duit juga), hari Minggu kemarin saya sempatkan pergi ke bengkel di daerah Cemani pagi2, jam 8an. Sampe bengkel, pesen kampas sekalian minta pasang. SGP 27 ribu udah plus pasang. Tinggal tunggu mekanik yg ngerjain.

Giliran udah ada mekanik mau ngerjain. Buka baut yang atas, lancar. Giliran baut yang bawah, dia coba, kok ngelos. Akhire dia gak berani. Katanya baut yg bawah udah dol. Kok aneh, wong baut ori tur baru kali ini mau dibuka kok udah dol. Akhirnya cuma bayar chainlube. Langsung ngacir balik ke rumah buat siap2 jagong. Rencana habis jagong mau ke Beres Suzuki aja, sapa tau alatnya lebih bagus ‘n komplet.

Pulang jagong njujug ke Beres Suzuki di dekat Gladak, kebetulan Minggu tetep buka. Di situ, harga kampas rem 37 rb, ongkos pasang 3 rb. Eh, giliran buka baut yang bawah, dia juga gak bisa. Mekaniknya bilang dateng aja lain hari tapi pagi, trus siang/sore diambil. Soale katanya mesti ke tukang bubut dulu. Cape deh…

Sambil rada kecewa, saya pun coba cari bengkel lain. Eh, tau2 keingetan sejarahnya Shogun kebo dulu. Waktu itu ada baut yg ngiket footstep longgar. Waktu servis minta sekalian dikencengin, ternyata Beres gak bisa. Mekaniknya bilang lubang bautnya dol, harus dikolter. Dia ngasih ancer2 bengkel deket Mangkunegaran. Namanya Yadi Motor. Emang bener, dibawa ke sana langsung dibikinin drat baru sama mekaniknya. Pernah ke situ sekali lagi gara2 drat untuk spion udah dol. Dikasih mur trus dilas gitu.

Begitu keingetan itu, langsung meluncur ke TKP. Ternyata antri. Itu pun kata mbaknya, mekanik belum pada istirahat. Waduh, drpd nunggu lama, sy mulangin istri dulu, sekalian ganti baju lah, masak nunggu pake baju jagong😀

Habis beres2, balik ke TKP. Ya ampun, ternyata dah ada antrian 4 yang nunggu. Malah mbaknya bilang, tu ada Thunder plat BG yang kemarin dah dateng, ga jadi karena antrian banyak, skrg ngantri lagi. Dah dibilangin gitu, sy tetep cuek aja nanya2 harga kampas rem.😈

Kampas rem SGP 30rb. HGP malah lebih mahal, 40ribuan. Kata siapa spare part Suzuki mahal….👿

Mungkin kasian liat tampang memelas saya, akhirnya si mbak manggilin satu mekanik yg baru mau istirahat buat ngeliat motor saya. Waktu dah ngeliat, mekaniknya bilang gampang itu, cepet ngerjainnya. Tapi dia mau istirahat dulu. Doi pun cabut.

Btw, Thunder plat BG itu akhirnya ditolak (lagi) sama mbaknya. Disaranin klo dateng lebih pagi biar bisa dikerjain😆 Lagian Thunder itu emang butuh waktu kok, soalnya bongkar banyak.

Gak lama mekaniknya balik. Motor langsung dihandel. Pertama, coba cara biasa. Gak bisa juga. Trus cari alat: palu plus besi apa gitu. Baut yg dol langsung dipalu dengan perantara besi tadi. Ekstrim juga, sampe ngeri sendiri..👿

Hbs tu, tancepin lagi kunci L, dipalu sambil diputer. Set..set..set.. Lepas juga tu baut. Dia bilang mesti ganti. Soale lain kali belum tentu bisa dicopot lagi. Yang ready stock cuma KGP. But it’s ok, lagian sama aja kok mau Kawasaki, Suzuki, Honda. Harganya cuma 12.500.

Gini ini lubang yang dol
Keraknya tuh, item..
Di EzPartsWeb Suzuki disebutnya pin, harga 18.100.

Hmmm.. Ternyata emang barang klo lama gak dibuka ngeri liat bagian dalemnya. Banyak kerak item. Kerak putih juga ada di baut pemegang kaliper ke pipa skok. Kalo gitu mending beli kampas yg imitasi aja nih, kan cepet abis, jd cepet bongkar lagi. Lebih murah pula😈

Dah selesai bersih2, baut2 pemegang kampas juga dikasih vaselin biar air gak masuk ‘n bikin karat, semua dipasang lagi. Tadinya sempet kuatir klo kampasnya seret. Denger2 kampas SGP gitu. Eh, ternyata lancar jaya.:mrgreen:

Habis itu langsung totalan. Total biaya 55rb: 30ribu kampas SGP, 12.500 ongkos mbongkar, 12.500 baut Kawasaki. Lumayanlah, namanya juga perawatan, ya gak?

Pertanyaan yg tertinggal, seringkih itukah baut SGP? Atau emang kunci L yang dipake di bengkel sebelumnya jelek, jadi malah ngrusak baut?

FYI: (sapa tau ada yang butuh)

YADI Motor
Jl. Teuku Umar 52
Solo 57131
Telp. (0271)661817

Menerima:
Las alumunium, kolter bubut, kenteng, cat, & jual beli sepeda motor

Kata mbaknya, motor dari dealer juga banyak yang dioper ke sini kalo ada kerjaan yg gak bisa dikerjain bengkel resmi.

2 thoughts on “Ganti Kampas Rem Depan, Baut Dol

  1. Dari pengalaman saya.baut asli dari bawaan motor itu sangat keras kok,mungkin kalo saya lihat cara mekaniknya yang awal membuka itu salah.main langsung hajar,kalau begitu baut atau kunci baru pun cepat dol.kalo saya mau membuka baut itu saya pake semprot anti karat wd dulu.dengan begitu pasti gampang bukanya.

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s