Pembuat: Wibowo Djatmiko

Naik Kereta Api Makin Nyaman

Baru kemarin ini saya bener2 ngerasain nyamannya naik kereta api. Memang sejak diberlakukannya aturan baru: tidak ada tiket berdiri dan pengantar tidak boleh masuk peron, saya sudah pernah numpak kereta. Tapi kemarin karena pergi sendirian, jadi bisa mengamati dan menyelami lebih jauh kenyamanan yang diberikan PT KAI.. #lebay dikit

Pertama, saya bener2 kagum dengan adanya fasilitas free charge di dalam peron. Ada beberapa stopkontak berjejer yang disediakan untuk mereka yang ingin ngecas hape. Di stasiun Pwt ada, di st Pwsari jg ada. Kesimpulan: di semua stasiun besar ada. Gitu dong, jd gak perlu repot nyari colokan klo lagi low bat..😈

Gratis tis tis…. sayang antre..😀

Kedua, ketertiban bener2 dijaga. Kejadian wktu itu di stasiun Purwosari. Saya sedang asyik duduk di kursi tunggu. Tiba2 ada keamanan mendatangi orang di kursi depan saya, trus nanya, “lo, tadi katanya mau makan mas?” Dia nanya gitu sambil ngacungin KTP. Sy pikir itu pasti KTP orang yg sedang ditanya.Orang di depan saya trus bilang, “iya, la ni tadi … (ga gitu jelas dengernya)”. Petugasnya balik menegaskan, “kalo gitu jangan di sini pak, nanti calon penumpang yg lain… (ga jelas lagi)”. Akhirnya orang itu pun pergi, entah beneran makan atau gimana.

Gini ini patut diacungi jempol. Calon penumpang emang berhak dapet kursi di ruang tunggu. Kalo bawaannya dikit ‘n keretanya dah mau dateng c gpp. La klo bawaan banyak ‘n kereta masing setengah jam lagi? Sayang pas ini gak sempet ambil gambar.

Ketiga, jumlah pedagang di dalam kereta jauh berkurang. Sebetulnya malah gak boleh sama sekali. Tapi belakangan tetep ada bakul2 yang nekat, tp nyatanya jg gak diapa2in petugas. Tapi karena cuma sedikit sekali, gak terlalu masalah. Bagian restorasi kereta juga tetep laku kok.:mrgreen:

Keempat, waktu nunggu kereta di stasiun Purwokerto, kerasa juga sepinya suasana di dalam peron. Mungkin emang bukan pas jam sibuk.

Sebelah kiri sepi…
Lirik kanan, juga sepi….
Sepi…
Sepi kan…

Kelima, sekarang toilet gratis. Tapi ini di stasiun Purwokerto lo ya. Gak tau juga kalo di stasiun lain. Bersih dan gak pake ngisi kotak sumbangan.

Toilet gratis dan bersih…

Keenam, bukan cuma toilet gratis, WiFi juga gratis. Tinggal hape kita bisa buat wifi apa enggak.😀

Gratis, di ruang tunggu kereta eksekutif juga gratis..

Keenam, waktu naik kaget juga, lo kok pake AC. Takute salah gerbong. Padahal harga tiket cuma 33.500 untuk Pwt-Solo. Gak tau klo sampe Surabaya. Tapi lumayanlah ada AC, jadi gak sumpek di dalem kereta. Dinginnya cukupan, padahal klo ngeliat uap yg keluar dari AC keliatan meyakinkan banget..😀

Mungkin karena ini kereta jarak jauh jadi pake AC. Waktu naik Logawa yang Pwt-Jember soale ga ada AC nya:mrgreen:

AC nya lumayan biar udara gak sumuk..

Terakhir, kamar mandi di atas kereta bersih. Air ngalir lancar. Ada wastafel kecil. Kalo beruntung, masih kebagian tisu toilet. Dan yang paling bikin saya gumun , ada semprotan kecil yang biasa di wc duduk itu.. Gimana gak gumun, la wong di rumah sendiri aja ga punya je..😆

Apa ini gak tau namanya, pokoke buat cawik lah..
Wastafel ‘n tisu toilet juga ada (klo tisunya belum abis)…
Jagalah kebersihan.. Inget, ini fasilitas umum..

Ya begitulah peningkatan di kereta api yang saya alami sendiri. Lumayan, kelas ekonomi pun diperhatikan kenyamanannya. Buat saya ini bagus, biar orang juga lebih tertarik naik kereta api daripada naik kendaraan pribadi.

Saya pribadi dah lama suka naik kereta api. Gak tau kenapa, sekarang kalo naik bus jarak jauh sering mabuk darat😈

6 thoughts on “Naik Kereta Api Makin Nyaman

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s