Kotornya Toilet di Masjid Islamic Center Kota Karawang

Kali ini saya ingin mengajak pembaca mencermati keberadaan toilet yang merupakan bagian suatu masjid. Pernahkah anda memperhatikan kebersihan toilet di masjid tertentu yang pernah anda singgahi?

Dari pengalaman saya mampir di beberapa masjid dan masuk ke toiletnya, tidak semua masjid memiliki toilet yang bersih. Beberapa malah sangat kotor seperti tidak ada yang merawat. Apa memang benar seperti itu? Terus terang saya belum pernah melakukan penelusuran lebih lanjut. Apa yang saya tulis di sini adalah hasil pengamatan saya sebagai salah seorang pengguna fasilitas toilet di masjid. Ironisnya, saya menyaksikan hal seperti ini di masjid besar yang terletak di Islamic Center kota Karawang.

Photobucket

Kebetulan, hari Sabtu-Minggu tanggal 17-18 Desember 2011, saya berkesempatan bertandang ke kota Karawang. Jarang2 juga nih pergi jauh keluar kota. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk menghadiri acara resepsi pernikahan saudara sepupu saya. Ijab dilangsungkan di masjid yang berada di kompleks Islamic Center Karawang.

Alhamdulillah, ijab berjalan lancar. Sembari menunggu waktu resepsi, kami menunggu di dalam masjid. Masjid ini cukup megah. Eksterior dan interiornya cukup menarik dipandang mata.

Photobucket

Photobucket

Foto2 lengkapnya silakan liat di sini .

Suatu ketika saya ingin buang air. Saya lalu keluar mencari toilet. Seperti pada umumnya, toilet putra dan putri dipisah. Saya pun melangkahkan kaki ke arah bangunan bertuliskan ‘wudhu ikhwan’ alias tempat wudu untuk laki2.

Photobucket

Begitu sampai di depan pintu masuk, saya terkejut. Gile bener… Tempat wudu kok kaya gini si?! Kotor, banyak air menggenang.

Photobucket

Saya pun meneruskan langkah ke ruangan bagian dalam, yaitu tempat untuk buang air. Ya ampun! Lebih parah ternyata!!! Maaf, gambar tidak sedap dipandang karena seperti itulah yang saya rasakan waktu menyaksikan dengan mata kepala sendiri.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Penasaran juga saya dengan keadaan kaya gini. Iseng2 saya coba longok tempat wudu perempuan. Untung ini bukan jam salat. Jadi ga ada orang di dalam. Pertama liat bagian tempat wudu. Bersih… Lanjut ke bagian kamar mandi. Yah, cukup bersih lah.

Photobucket

Photobucket

Ada juga penampakan ini yang tidak saya temukan di toilet laki2.

Photobucket

Apakah penampakan di atas yang membedakan rupa toilet laki2 dan perempuan? Apakah karena di toilet perempuan ditarik bayaran untuk menggunakannya sehingga lebih terawat daripada toilet laki2 yang tidak ditarik bayaran? Entahlah, saya tidak sempat menanyai takmir masjid yang bersangkutan. Semoga saat ini keadaannya sudah lebih baik daripada sewaktu saya berkunjung ke sana.

Hal yang patut menjadi perhatian adalah, apakah pantas masjid semegah ini memiliki toilet yang tidak terawat baik? Atau lebih tepatnya, apakah pantas sebuah masjid yang merupakan tempat ibadah memiliki toilet yang kotor dan bau? Beginikah ajaran agama Islam? Bukankah Islam mengajari kita untuk selalu menjaga kebersihan? Mari kita sama2 melakukan introspeksi.

 

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s