Tutup Pentil Nitrogen

Ngomongin soal tutup pentil ban. Saya dulu termasuk orang yang ga gitu memperhatikan benda kecil ini.

Baru mulai perhatian waktu ada temen bilang, kalo motor ga ada tutup pentilnya, bisa kena tilang. Wah, baru tahu saya. Walaupun belum tahu undang-undang soal tutup pentil, tapi daripada kenapa-napa kalo ketemu polisi nakal, ya udah saya mulai peduli. Jangan sampai pentil ban saya ga ada tutupnya. 

Kemarin saya mampir bengkel pinggir jalan buat nambah nitrogen buat ban depan, sekalian ban belakang ganti nitrogen. Tadinya sih dua ban itu isinya udah nitrogen. Cuma beberapa hari yang lalu ban belakang sempet bocor. Karena duit mepet, jadi tambal aja dulu. Ga cukup kalo sekalian isi nitrogennya.

Waktu saya mampir bengkel itu, setelah tukangnya selesai ganti plus nambah nitrogen, dia bilang kalo tutup pentilnya mau dia ganti dengan yang warnanya hijau. Berhubung saya ga ngerti maksudnya, saya tanya kenapa begitu. Si tukang menjawab, kalo tutup pentilnya hijau, lain kali kalau mau nambah angin, orang sudah tahu kalau isinya nitrogen.

Waktu saya perhatikan, tutup pentilnya sama seperti yang biasa. Cuma warnanya saja hijau. Begini ni penampakannya.

Photobucket

Photobucket

Akhirnya browsing cari tahu soal tutup pentil warna hijau. Ternyata benar. Sudah banyak yang memuat soal ini. Tutup pentil ban berisi nitrogen memang berwarna hijau terang. Malah, kalau tutup yang bagusan, ada tulisan N di atasnya. Punya saya berarti yang biasa. Soalnya ga ada tulisannya. Begini kalo diliat dari dekat.

Photobucket

Photobucket

Sebetulnya apa sih kelebihan memakai nitrogen? Soal itu bisa baca di artikel ini. Sekarang saya cuma iseng ngomongin tutup pentilnya saja kok.

(^ ^)v

Ada komen/kritik/saran?

