SGO_cr2

Pengalaman Pakai SGO: Oli dari Suzuki

Kali ini saya iseng-iseng pengen me-review oli yang sudah saya pakai di New Shogun 125 saya.

Seperti biasanya, motor baru saya dapet jatah servis gratis 5 kali dan oli gratis 3 kali. Karena motor saya keluaran Suzuki tentu saja olinya SGO (Suzuki Genuine Oil).

Oli SGO_2, with frame

SGO memiliki spesifikasi kekentalan 20W-50 API SG JASO MA, CMIIW. Harganya di bengkel resmi terakhir saya beli, yaitu Februari 2012,  30.000 rupiah isi 900 cc/ml. Kenapa saya beli yang 900 cc? Karena biasanya saya sekalian ganti filter oli. Kalau ganti oli tanpa ganti filter, cuma butuh 800 cc. Kalau turun mesin, butuhnya 1 L. Untuk memudahkan konsumennya, Suzuki menyediakan SGO dalam tiga volume tersebut.

Saya baru pertama kali ini memakai Oli SGO. Soalnya, walaupun motor saya sebelumnya Suzuki juga, FD110 alias Shogun 110 alias Shogun kebo, pakainya oli Supersyn 20W-50 atau Enduro 20W-50.

Ada beberapa kekurangan yang saya rasakan dari SGO.

Setiap baru ganti oli, pasti ada perasaan kurang enak. Saya selalu ganti oli setiap servis 2000 kilometer. Setiap pulang servis dan ganti oli, pasti mesin terasa kasar. Aneh, kan?! Padahal baru ganti oli.

Setelah jalan beberapa puluh kilometer baru terasa agak enak. Kalo motor dibawa jalan siang2 pas panas menyengat, apalagi di jalan yang agak macet, mesin terasa sangat panas di kaki (maklum, cuma pake sandal, bad habit). Tarikan juga terasa berat.

Menyalakan mesin di pagi hari juga agak sulit. Harus dibantu dengan choke atau throtle gas dibuka sedikit. Setelah beberapa detik, baru choke bisa ditutup.

Tapi oli ini masih oke dibawa jalan jauh. La wong habis servis kedua, saya langsung bawa mudik ke Purwokerto sejauh kurleb 250 km. Tidak ada kendala yang berarti. Baru setelah saya ganti oli merek lain, terasa sekali bedanya. SGO terasa berat. Ya jelas, wong kekentalannya 20W-50.

Yang lebih aneh lagi, oli ini mulai agak enak menjelang waktunya ganti. Mendekati 2.000 km masa pemakaian, justru oli ini makin enteng dipake. Lagi2 ini cuma perasaan saya.

Nah, setelah buka2 internet. Banyak ilmu baru yang didapat. Di antaranya mengenai oli yang cocok untuk jenis motor saya. Akhirnya timbul keberanian untuk berpaling ke lain oli. Oli merek apakah itu? Tunggu saja tulisan saya berikutnya.

Update:

Akhirnya pilihan saya jatuh ke Enduro Racing 4T dari Pertamina. :D Baca artikelnya di sini.

About these ads

45 thoughts on “Pengalaman Pakai SGO: Oli dari Suzuki

  1. bener banget bro, agak berat buat mesin. Shogi FD110-03 aku coba baru sekali ini, mtor ku buat PP kerja kurleb 10 km…ganti oli setiap 2 bulan atau 2000km.

    Pernah pake, :
    Mesran super SAE 20-50..lumayan.dibawahnya enduro racing.
    Enduro racing SAE 10-40 enak untuk awal2 tapi setelah satu bulan mesin terasa panas juga berisik.
    Sekarang pake shell adavance AX3 (botol merah) 20-40, pas sama lambung si hitam shogiku..tapi sayang ga ada yang 20-50 kayanya lebih cocok untuk motor tua saya.

    http://denis-thea.blogspot.com

    1. selama gak ada keluhan oli gampang berkurang, sebetulnya gak masalah klo mau diterusin pake yg AX3 SAE 20w-40.

      atau pake yang AX5 SAE 15w-40 juga bisa. toh yang beda cuma angka yg ada huruf ‘w’. itu kan cuma ngaruh pas udara dingin.

  2. oli ini sudah tidak saya pakai lagi setelah masa oli gratis habis, bukan apa2 karena oli ini tidak tahan panas, alias mudah overheating di mesin shogun saya yang kompresinya 9,6 :1 sehingga menyebabkan drop banyak pada tenaga motor. dan setelah habis masa berlaku oli gratis sgo ini, kembali saya gunakan oli enduro 4t biasa dan 4t racing. hasilnya jelas gejala drop power tidak dialami lagi.

      1. ya itu hanya pengalaman saya saja dulu sewaktu beli ini motor olinya SGO, terasa bnget dipake riding lebih dari 1 jam kurang nendang tenagannya. makanya digantilah dengan oli yang lebih bagusan speknya dikit dari SGO :D

  3. sama shogun 125′ku kemaren abz pake enduro 4T racing mantep bgt tarikannya,,eh pas servis malah gga ada enduro jd trpaksa pake SGO..perbedaan jelas bgt gilaaa..buat narik 120km/h aja berat bgt..kenapa ya??oli standar kok malah kurang maksimal??

  4. maaf baru bales mas, maklum sibuk hehehe……. klo sekarang cuma pake oli yang dipake suzuki jelajah negeri alias oli enduro 4t biasa mas. klo oli ax7 blum pernah, klo yg vsx pernah, tapi vsx yang dulu masih API SJ sertifikasinya, skarang kan udah jadi API SL dan lebih bagus. lumayan juga itu oli, tapi syang cuman 1000km terasa enaknya, lebih dari itu udah gk enak lagi beda ama enduro 4t biasa. sampe 2000km masih enak. dan gk pernah ampe bau gosong juga ke mesin apalagi ampe menguap,

    motul lum pernah nyoba mas, Insya Alloh suatu saat mau coba oli motul, dan katanya oli motul memang paling cocok buat motor suzuki katanya mekanik.

  5. Namanya juga OLI Standar mas..ya semuanya serba standar dan untuk tujuan yang standar pula ( tujuan dimana tidak mengutamakan kecepatan dan tenaga lebih..ya standar lah ).
    Harusnya mengukur OLI bagus atau tidaknya jangan dari hasil tenaga atau kentengan tarikan yang didapat, tetapi sejauh mana OLI dapat membuat motor lebih tahan lama mesinnya, lebih awet dan lebih minim biaya perawatannya….
    Kalo untuk kebutuhan khusus misalnya misalnya mau mudik atau mau balap, baru disesuakan OLI-nya dengan OLI lain.
    Jadi saya rasa kurang tepat juga jika OLI SGO dikatakan kurang bagus, karena bagus itu tergantung….Dan Suzuki juga tentu tidak asal membuat OLI.

    1. iya mas, betul
      emang kembali ke kebutuhan dan karakter atau riding style masing-masing pengendara
      nyatanya masih banyak pelanggan yang servis ke bengkel resmi juga masih pake SGO :D

  6. klo buat enduro racing iku penak putaran awal dan pas baru stater, pas udah suhu kerja, mulai deh berisik -____-

    coba buat gas poll 201m 4 kali seher langsung macet >,<

  7. SGO = Enduro 4t 20w-50(tanpa parfume)

    coba liat warnanya, denger karakter suara mesin habis ganti oli kasar tapi setelah beberapa puluhan km agak halus, truss feelingnya sama olinya bikin berat tarikan tapi umurnya panjang & pemakaian akhir oli agak enteng cmiww :D

    pingin oli 20w-50 tpi tarikan enteng & suara mesin halus??? pilih oli mario teguh (Mesran super) :D , awas “bukan PrimaXp” ya cz bakal slip tuh kopling karna dah pake aditif pelicin dengan kode ACEA.

    1. Prima XP yang SAE 20w-50 juga ada sertifikasi JASO MA lo, berarti masih bisa buat motor kopling basah
      yang ga ada JASO MA-nya itu yang 10w-40
      tapi kayanya jarang nemu di pasaran.. cmiiw

  8. Kenapa pas mau ganti oli malah enak dipake?

    Karena SGO kental, dan ketika lebih dari 2000KM dia akan kehilangan kekentalan sedikit demi sedikit,,,

  9. kalo motor baru pake yang lebih encer, kalo dah tua pake yang kental (karena penguapan)…castrol juga bagus mas…ganti oli di sekitaran 2500…kalo mobil keluaran 2005 ke atas (contoh toyota) malah direkomendasikan setiap 10.000 km atau 6 bulan, di bawah 2005, hanya 5.000 km

  10. kalo ane pakenya oli stndr aj..yg terbukti ngrit dkantong!hehe…yg pntg asal rutin aj gnti oli mesti mtr psti awet…sgo kyke emg gt..sy jg ngrasaian pz mnjelang gnti kq rsanya mesin mlh lbh halus n trikn lbh enk

  11. sama gan, itu artinya motor agan celah partny masih bagus.
    biasanya ganti oli encer malah jadi halus.
    karakternya mirip banget dengan Enduro 4t 20w-50
    mesin jadi berat tapi olinya awet, cocok untuk turing
    cuma sayangnya oli yg berat kalo dipake macet dalam kota bensinnya rada boros. cz tarikan terasa lemot.

      1. ibaratnya masih Pe*(sensor)an haha….
        motor saya juga dulu wktu masih baru kaya gitu :D
        tipenya juga sama kaya yg agan… :)

Ada komen/kritik/saran?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s